Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

7 Macam Jenis Batu Giok Aceh Terpopuler

Aceh merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menjadi sumber pencarian batu akik bagi para pengrajin dan kolektor. Salah satu batu akik yang banyak didapat pada daerah ini adalah batu giok khas Aceh. Dimana batu ini memiliki cukup banyak jenisnya, sehingga penggemarnya pun menjadi sangat melimpah, khususnya akhir-akhir ini. Untuk lebih mengetahui salah satu batu mulia tersebut, anda dapat menyimak beberapa jenis batu giok Aceh pada pembahasan di bawah ini.

Macam Jenis Batu Giok Aceh

{1.} Batu Giok Lumut


Giok lumut atau idocrase adalah salah satu jenis batu giok yang cukup populer di indonesia. Bahkan perkembangannya sampai saat ini membuat giok lumut menjadi sangat fenomenal. Terlebih setelah sebelumnya batu giok lumut memenangkan sebuah kompetisi yang diadakan di Jakarta. Ciri khas dari giok lumut sendiri cukup unik, dimana warna dasarnya adalah hijau muda transparan yang pada bagian dalamnya terdapat bercak-bercak hijau tua mirip seperti lumut.

{2.} Batu Giok Solar


Selanjutnya yang perlu anda tahu adalah giok solar. Jenis batu ini populer dikalangan para kolektor karena salah satunya pernah terjual dengan harga yang cukup fantastis, yaitu 2,5 miliyar rupiah dengan berat 2,5 kg. Ciri khas dari batu solar ini sendiri adalah warna coklatnya yang transparan.

{3.} Batu Giok Anggur


Giok anggur merupakan salah satu jenis batu giok Aceh yang banyak diminati oleh para konsumen dan kolektor. Seperti namanya, batu jenis ini hadir dengan tampilan warna mirip dengan buah anggur muda. Selian itu, terdapat serat-serat tipis mirip dengan serat yang ada pada daging buah anggur.

{4.} Batu Giok Loreng


Giok jenis ini bisa dibilang salah satu batu akik yang paling langka. Meskipun bukan termasuk batu mulia super, namun bentuk serta tampilan warnanya tetap memiliki peminatnya tersendiri. Fokus warna dari giok loreng adalah serat-serat yang mirip dengan baju loreng mirip tentara bersenjata.

{5.} Batu Giok Salju


Sama dengan namanya, batu giok yang ditemukan di Aceh ini memiliki ciri khas mirip dengan bola salju. Warna putihnya membuat batu ini banyak dicari sebagai perhiasan para wanita.

{6.} Batu Giok Black Jade


Ciri khas dari black jade adalah warnanya yang hitam pekat, apa bila disorot dengan cahaya maka akan mengeluarkan warna hijau, bahkan dalam beberapa keadaan warna hitamnya menutupi semua permukaan, sehingga tidak ada serat yang terlihat.

{7.} Batu Giok Nephrite


Jenis batu giok terakhir yang berasal dari Aceh yang harus Anda ketahui adalah batu giok nephrite. Batu jenis ini memiliki ciri khas warna berupa hijau muda yang bening, mirip seperti warna lemon. Harganya yang cukup murah membuat nephirite banyak dibeli oleh masyarakat Indonesia dan digunakan sebagai perhiasan dalam bentuk gelang maupun cincin.


Kesimpulan
Batu akik ataupun batu mulia lainnya memiliki ciri khas dan keistimewaan masing-masing. Sama halnya dengan ketujuh jenis batu giok Aceh tersebut. Anda yang merupakan seorang kolektor batu akik sangat direkomendasikan untuk memiliki semua jenis batu indah di atas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Macam Jenis Batu Giok Aceh Terpopuler