Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Merawat Rantai Motor Yang Baik dan Benar

Selain merawat ban serta oli, bagian terpenting lainnya pada motor yang harus anda rawat adalah rantai. Rantai merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang rela berkorban terhadap unsur mekanik yang ada pada mesin motor anda. Mereka rela bertanggung jawab untuk memutar dengan kuatnya mesin roda belakang dengan mentransfer energi gerak dari mesin utama. Tanpa pemeliharaan dan inspeksi yang teratur, rantai motor akan mudah rusak, performa motor menjadi melemah dan proyektil akan berbahaya. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara merawat rantai motor yang baik dan benar.


Cara Merawat Rantai Motor Yang Baik dan Benar

Untuk membersihkan rantai motor, setidaknya ada tiga aspek penting yang harus anda lakukan, diantaranya adalah inspeksi, pembersihan dan penyesuaian. Sedangkan untuk waktu pemeriksaan tergantung bagaimana anda menggunakan motor tersebut. Namun biasanya 500 sampai 700 mil atau sekitar dua kali dalam sebulan.

Peralatan yang harus disiapkan:
{1.} Berbagai jenis kunci pas
{2.} Sikat lembut
{3.} Chain cleaner (pembersih rantai)
{4.} Pelumas rantai
{5.} Pasak baru (untuk menyesuaikan ketegangan rantai)
{6.} Palu karet
{7.} Kain bersih
{8.} Rear wheel stand (untuk menegakkan ban, semacam gardu besi)
{9.} Pita pengukur

Pita pengukur berguna untuk mengetahui tingkat ketegangan rantai. Anda bisa memegang rantai pada bagian ujung depan dan belakang pada sprocket serta pada bagian atas dan bawah. Pastikan rantai dapat bergerak sekitar satu inci kekanan kiri dan satu inci ke bawah. Jika ban belakang menggunakan rear wheel stand, pastikan bahwa swingarm dapat turun jika roda diangkat dari tanah. Hal ini sangat mempengaruhi geometri pada bagian belakang motor serta ketegangan rantai.

Tips merawat rantai motor selanjutnya adalah dengan mengecek kekakuan rantai. Biasanya ada beberapa bagian rantai yang kaku, oleh karenanya anda dapat memutar terlebih dahulu ban belakang. Fungsinya agar rantai lebih lentur dan anda akan lebih mudah untuk memperhatikan ketegangan rantai. Jika rantai bergerak lebih dari 1 inci, maka anda harus melakukan pengetatan. Namun sebaliknya, jika terlalu ketat, mungkin rantai perlu diganti. Gunakan pasak baru untuk memperketat rantai.

Kebanyakan jenis rantai o-ring pada sepeda motor menggunakan bahan dari karet yang sensitif terhadap cairan. Oleh sebab itu, pastikan chain cleaner-nya memang direkomendasikan oleh perusahaan penyedia motor tersebut. Jangan lupa untuk menyemprot semua bagian rantai dan sprocket sembari disikat merata.

Selanjutnya tips merawat rantai motor yang harus Anda lakukan adalah menyeka kotoran yang ada pada rantai menggunakan kain. Dengan cara ini, nantinya permukaan rantai akan lebih bersih dan ramah untuk pelumas. Jangan lupa untuk teliti dalam menyeka dan pastikan kain sampai hingga bagian gigi dan sambungan rantai.

Lanjutkan dengan memutar roda sembari menyemprotkan pelumas dan biarkan cairan bergerak di sepanjang sprocket. Dengan cara ini, semua komponen penggerak telah dilapisi oleh cairan pelumas. Sehingga pergerakan motor akan lebih halus, terutama suaranya dan pada saat pengguna memindahkan gigi.


Kesimpulan
Seperti yang disinggung sebelumnya, rantai motor merupakan salah satu komponen paling penting yang ada pada motor anda. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya cara merawat rantai motor di atas anda praktekkan secara rutin. Terlebih jika anda tidak ingin merogoh kocek dalam-dalam untuk membawa motor ke bengkel.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat Rantai Motor Yang Baik dan Benar