Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Trik dan Cara Menjaga Keamanan Android

Memiliki smartphone maupun tablet Android berarti sama saja memiliki sebuah buku catatan. Anda bisa menyimpan berbagai macam hal, mulai dari kontak hingga data-data penting berupa akun dan dokumen lainnya. Namun begitu, satu kelemahan dari semua jenis barang elektronik adalah sistem keamanannya. Semakin canggih suatu sistem, maka semakin banyak orang pula yang berusaha untuk meretasnya. Oleh sebab itu, jika anda tidak ingin semua data yang ada pada Android yang dimiliki bocor ke tangan milik orang lain, beberapa cara menjaga keamanan Android di bawah ini dapat membantu anda.


Trik dan Cara Menjaga Keamanan Android

{1.} Gunakan pin dan password pengunci dengan pola yang tidak ada orang yang tahu. Cara melakukannya cukup mudah, anda hanya perlu pergi ke lokasi pengaturan keamanan.

{2.} Unduh semua aplikasi dan game hanya pada situs yang terpercaya, misalnya saja Google Play Store. Jangan lupa untuk memeriksa peringkat dan ulasan atau review. Dari review itu kita tahu bagaimana kinerja dari aplikasi tersebut dari orang-orang yang sebelumnya pernah mencoba. Selain itu, jangan lupa juga membaca kebijakan privasi aplikasi. Anda dapat mengunduh aplikasi McAfee ataupun Mobile Security untuk melakukan pengecekan secara otomatis terhadap setiap aplikasi yang ada. Anda juga bisa masuk ke pengaturan untuk mengatur instalasi agar aplikasi tidak diinstal jika sumbernya tidak diketahui.

{3.} Back up data anda secara berkala. Dengan cara ini data anda dapat dilindungi dan dipulihkan manakala anda harus melakukan re-install atau ada virus yang membuat data perangkat Android tidak dapat diselamatkan. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu anda melakukan back up data, misalnya saja Verizon backup Assistant Plus dan Verizon Cloud. Anda dapat menyimpan berbagai data dengan aplikasi tersebut, mulai dari dokumen, musik, gambar hingga video ke memori cloud.

{4.} Selalu perbaharui atau update sistem operasi dan aplikasi anda secara berkala. Selain menambah fitur baru, biasanya pembaharuan juga mencakup perketatan keamanan serta memperbaiki bug.

{5.} Matikan bluetooth maupun Wi-Fi ketika tidak digunakan. Hal ini untuk mengantisipasi jikalau ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab memaksa mengirimkan suatu data ke perangkat Android anda tanpa ketahui.

{6.} Cara menjaga keamanan Android selanjutnya adalah dengan mengunduh dan instal aplikasi keamanan dan antivirus khusus Android. Ada banyak aplikasi yang seperti ini dan digunakan banyak orang. Anda dapat mencarinya secara langsung di Googl Play Store.

{7.} Hindari memberikan data ataupun informasi pribadi apapun kepada siapapun. Biasanya kita mengenal pesan text yang meminta suatu informasi data. Hal tersebut tidak akan baik meskipun yang meminta adalah perusahaan besar sekelas operator. Bisa saja data anda digunakan untuk kebutuhan promosi yang berlebihan dan sebagainya.


Kesimpulan
Ketujuh trik menjaga keamanan Android di atas mungkin belum bisa sepenuhnya menjaga keamanan dari perangkat anda. Namun setidaknya anda sudah mengetahui tahapan-tahapan dasar untuk menjaga etiap data penting yang anda miliki.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Trik dan Cara Menjaga Keamanan Android