Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Meningkatkan Kecepatan dan Performa Mobil

Memiliki mobil dengan kecepatan yang medium tentu adalah hal yang biasa. Namun berbeda jikalau kecepatan mobil yang kita miliki memiliki performa yang luar biasa, sehingga pengendara dapat dengan sangat nyaman mengendarai mobil dijalanan, terlebih jika jalurnya sangat mendukung. Oleh sebab itu, jika saat ini anda memiliki kendaraan mobil yang berjalan cukup lambat, beberapa cara meningkatkan kecepatan mobil pada pembahasan kali ini mungkin dapat membantu.


Cara Meningkatkan Kecepatan dan Performa Mobil

{1.} Kipas Angin Listrik
Antara radiator dan mesin anda ada beberapa komponen penting yang dapat meningkatkan kecepatan mobil. Salah satunya adalah sebuah kipas angin yang bertugas untuk menarik udara dari radiator. Dengan mengubah kipas angin atau fans tersebut dengan kipas angin listrik (electric fans), anda telah membebaskan beberapa tenaga kuda ekstra. Hal ini juga sudah dibuktikan pada beberapa penelitian yang dilakukan oleh produsen kipas angin listrik aftermarket.

{2.} Karburator
Untuk mobil modern mungkin karburator sudah tidak ada atau diganti. Namun untuk mobil-mobil yang lebih tua, karburator masih digunakan dan menjadi salah satu komponen yang penting. Dengan perangkat ini, nantinya bensin akan bercampur dengan udara sehingga menghasilkan uap untuk bahan bakar mesin. Untuk meningkatkan kecepatan mobil, anda harus mengupgrade karbuator pada mobil tersebut. Misalnya saja karburator yang dimiliki sebesar 2 barel. Anda dapat meningkatkannya menjadi 4 barel.

{3.} Fuel Injection
Coba ubah injeksi bahan bakar dengan multi injeksi port. Biasanya sistem multi injeksi sudah menggunakan sistem elektronik, sehingga sangat tepat untuk mesin dengan karburator. Dengan meningkatkan performa fuel injection, anda bukan hanya membuat mobil bergerak lebih cepat, namun juga membuat penggunaan bahan bakar lebih ekonomis. Namun perlu diingat bahwa setiap upgrade komponen membutuhkan dana investasi. Semakin tinggi biaya yang dikeluarkan, maka semakin baik pula peningkatan performanya.

{4.} Kinerja Chips
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, untuk meningkatkan kecepatan mobil, anda memerlukan injeksi bahan bakar dengan sistem elektronik. Fuel injection tersebut perlu diketahui ternyata dikontrol oleh sebuah komputer atau bisa kita sebut chip. Oleh sebab itu, cara meningkatkan performa mobil yang efektif bukan hanya mengupgrade injeksi, namun juga mengupgrade chip. Anda juga bisa melakukan kostum sendiri dengan menyewa seorang programer khusus kontruksi mobil.

{5.} Turbocharger
Hampir semua mesin dieasel, termasuk mobil rumahan memiliki sebuah sistem pengisian turbo atau turbocharger. Namun begitu, sedikit orang yang tahu bahwa turbocharger dapat ditingkatkan atau diupgrade. Padahal, fungsi turbocharger yang berhubungan dengan gas pembuangan dan kekuatan serta tekanan sangat mempengaruhi kecepatan. Oleh sebab itu, jika anda memang memiliki dana yang cukup besar, menginstal atau meningkatkan performanya benar-benar dapat meningkatkan kecepatan mobil.


Kesimpulan
Beberapa cara meningkatkan kecepatan dan performa mobil di atas sebenarnya digunakan untuk mobil-mobil yang memang memiliki performa yang tidak terlalu baik. Jika mobil anda saat ini adalah jenis mobil baru, maka peningkatan performa sebenarnya tidak diperlukan. Kecuali jika anda memang ingin menggunakan mobil sebagai ajang turnamen legal, misalnya untuk nascar dan off road.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Meningkatkan Kecepatan dan Performa Mobil