Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Penyebab dan Cara Mengatasi Android Cepat Panas

Smartphone Android saat ini menjadi sangat banyak digunakan melebihi pengguna sistem operasi lainnya, seperti Apple dan Windows. Hal tersebut tentu adalah sesuatu yang baik, terlebih Android adalah OS terbuka yang mudah untuk kita ulik. Namun begitu, Android hadir bukan tanpa cacat. Ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan saat memakai perangkat ini secara berlebihan dan salah satunya adalah cepat panas atau over-heat. Untuk itu, pada pembahasan kali ini anda akan mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi Android cepat panas.


Penyebab dan Cara Mengatasi Android Cepat Panas

Penyebab Android cepat panas

{1.} Ruang Ventilasi yang Kecil
Berbeda halnya dengan PC, laptop, TV atau printer, perangkat smartphone ataupun tablet Android memiliki ruang ventilasi yang tidak terlalu besar. Hal tersebut membuat arus keluar masuk udara tentunya tidak akan terlalu maksimal dan hanya sampai ambang batas normal. Ketika kita menutupi ventilasi udara tersebut, maka yang terjadi adalah cepat panas. Biasanya ruang keluar masuk udara kita tutupi dengan telapak tangan atau benda padat lainnya.

{2.} Bermain Game Berlebihan
Ada banyak faktor mengapa bermain game membuat Andoid cepat panas. Diantaranya yang paling mungkin adalah prilaku mesin yang berlebihan atau keadaan motherboard yang melakukan kinerja lebih cepat dari biasanya. Hal tersebut membuat mesin membutuhkan sumber daya yang lebih besar. Walhasil Android akan mengalami overheating dan kehabisan daya baterai.

{3.} Melakukan Browsing Internet Terus Menerus
Browsing internet secara berlebihan juga dapat mempercepat pemanasan perangkat. Terlebih jika jaringan pada area anda tidak stabil.

{4.} Baterai Sudah Tua
Baterai memiliki kemiripan dengan manusia, yaitu memiliki umur tertentu atau siklus hidup. Ketika baterai anda sudah jatuh tempo, maka rusak ataupun tidak, baterai tersebut tidak akan memiliki performa sebaik pertama kali membeli.

Cara mengatasi Android cepat panas

{1.} Menonaktifkan Fungsi Tidak Penting
Ketika pertama membeli perangkat smartphone atau tablet, mungkin anda akan menggebu-gebu meletakkan berbagai macam fitur, aplikasi hingga widget di perangkat tersebut. Sayangnya hal itu tidaklah terlalu baik. Hal itu hanya akan membuat perangkat bekerja keras, sehingga mesin bergerak dengan cepat, baterai mengalami penurunan yang riskan dan perangkat menjadi lebih cepat panas. Oleh sebab itu, pastikan anda menonaktifkan ataupun menghapus segala macam fungsi yang tidak terpakai, misalnya saja wallpaper 3D, Wi-Fi, bluetooth, internet, game, aplikasi dan lain sebagainya.

{2.} Mematikan Perangkat
Agar Android anda tidak cepat panas karena terlalu banyak bermain game atau browsing internet, maka cara paling baik untuk mengatasinya adalah dengan mematikan perangkat. Cobalah untuk menahan diri dan menggunakan ponsel anda hanya jika dalam keadaan benar-benar perlu.

{3.} Bersihkan Luar Dalam
Mengatasi Android cepat panas selanjutnya adalah dengan membersihkan bagian internal dan eksternal perangkat. Pada bagian dalam, Anda bisa menghapus file-file yang tidak berguna, termasuk aplikasi, game dan data, seperti yang dibahas pada poin satu. Sedangkan untuk bagian eksterior, Anda bisa membersihkan bagian sela-sela di dekat penyimpanan baterai dari debu dan kotoran yang melekat.

{4.} Mengganti baterai
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, perangkat yang cepat panas bisa disebabkan baterai yang sudah tidak layak pakai. Oleh sebab itu, gantilah baterai secara berkala dan menghindari kerusakan parah pada baterai, misalnya terjadi penggelembungan yang tidak wajar.


Kesimpulan
Pada pembahasan penyebab dan cara mengatasi Android cepat panas di atas kita tahu bahwa perangkat Android OS bisa sangat membantu kehidupan kita. Namun begitu, pemakaian berlebihan dan tidak wajar bukanlah suatu hal yang baik. Terlebih jika spesifikasi perangkat Android yang anda miliki tidak terlalu tinggi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab dan Cara Mengatasi Android Cepat Panas