Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Kiat dan Cara Membersihkan Layar Smartphone dan Tablet

Biasanya layar sentuh pada smartphone ataupun tablet memiliki keadaan yang sangat kotor ketika sering digunakan. Mulai dari minyak hingga debu berada di setiap inci dari layar, sehingga membuatnya menjadi sumber penyakit bagi kulit anda. Selain itu, layar yang kotor juga membuat anda lebih sulit untuk melihat tampilan. Untuk itu, dalam pembahasan kali ini akan diterangkan mengenai kiat dan cara membersihkan layar smartphone dan tablet yang benar dan mudah.


Cara Membersihkan Layar Smartphone dan Tablet

{1.} Hindari Hal-Hal Ini
Sebelum memulai membersihkan layar sentuh pada perangkat anda, sebaiknya anda harus menghindari berbagai hal yang mungkin banyak orang mengiranya dapat membantu, namun ternyata sebaliknya, membuat smartphone atau tablet anda menjadi rusak. Diantara yang harus anda hindari adalah penggunaan bahan kimia, seperti alkohol, windex dan amonia. Bahan kimia sendiri dapat merusak layar, oleh sebab itu, jangan gunakan kecuali dengan takaran yang kecil.

Selain bahan kimia, anda juga harus menghindari penggunaan kertas tisu, kain abrasif dan handuk kertas untuk membersihkan layar sentuh perangkat. Bahan-bahan tersebut mampu menggores layar sentuh. Anda juga harus menghindari penggunaan air serta penekanan secara berlebihan.

{2.} Gunakan Microfiber
Sebelumnya sudah disinggung mengenai alat pembersih yang harus dihindari. Lalu jika begitu, alat jenis apa yang paling tepat untuk digunakan sebagai cara membersihkan layar tablet? Jawabannya tidak lain tidak bukan adalah kain microfiber.

Kain microfiber biasanya dapat anda temui pada paket kaca mata. Selain itu, anda juga bisa memberlinya di toko-toko material dan supermarket. Kelebihannya sendiri sangatlah banyak, mulai dari kemampuannya yang kuat untuk menyerap air, tekstur yang lembut dan tidak membutuhkan banyak cairan ketika ingin mengangkat kotoran.

Meskipun jarang digunakan, microfiber memiliki harga yang murah. Namun jika anda dalam keadaan darurat, menggunakan kapas atau kain katun dari sudut kaos anda juga bisa dijadikan alat pengganti.

{3.} Perhatikan Teknik-Tekniknya
Untuk memulai membersihkan layar smartphone atau tablet anda, siapkan terlebih dahulu kain microfiber. Selanjutnya matikan perangkat agar kotoran pada layar terlihat dengan jelas. Lanjutkan dengan membersihkan layar secara satu arah menggunakan kain microfiber tersebut. Fungsi dari membersihkan satu arah ( horizontal maupun vertikal) adalah untuk menjaga kotoran tidak kembali ke atas layar.

Beberapa orang menyarankan untuk membersihkannya dengan cara diputar atau membentuk lingkaran. Sayangnya, cara ini terkesan berbahaya karena dapat menimbulkan bekas, meskipun kotoran yang melekat sangat ketat benar-benar dapat dihilangkan.

Anda dapat menggunakan air secukupnya bila perlu. Namun tetap ingat untuk kembali membersihkannya dengan kain kering. Selanjutnya anda bisa membiarkan bagian sisa-sisa yang basah agar udara yang mengeringkannya.

Baja juga artikel tentang kelebihan dan kekurangan Andoid OS

Kesimpulan
Cara membersihkan layar smartphone dan tablet di atas mungkin sangat sederhana. Namun begitu, inti dari cara-cara di atas sebenarnya bukan hanya menerapkan bagaimana cara menghilangkan berbagai kotoran yang berada di atas layar, namun juga menahan anda dari merusak layar itu sendiri. Karena kita tahu, banyak orang yang masih saja menggunakan kain kasar dan alkohol dalam jumlah banyak ketika ingin membersihkan perangkat mereka.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kiat dan Cara Membersihkan Layar Smartphone dan Tablet