Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Membersihkan Jok Mobil Yang Harus Diketahui

Jika anda menggunakan mobil setiap hari, tentunya keadaan interior akan lebih mudah kotor. Terlebih jika mobil tersebut diisi oleh anggota keluarga, terkhusus anak-anak. Oleh sebab itu, perawatan yang benar dan sesuai haruslah dilakukan. Perawatan rutin tersebut dilakukan pada keadaan yang berbeda-beda, tergantung bagaimana kotoran ataupun noda tersebut melekat. Salah satu komponen interior mobil yang paling cepat kotor adalah jok. Oleh karenanya, jika anda ingin merawat interior mobil, beberapa cara membersihkan jok mobil di bawah ini harus anda ketahui terlebih dahulu.


Cara Membersihkan Jok Mobil Yang Harus Diketahui

{1.} Ada banyak jenis noda yang dapat melekat pada jok mobil anda dan beberapa diantaranya diakibatkan kopi yang tumpah. Anda dapat menghilangkan noda akibat kopi menggunakan air yang dingin. Oleskan air dingin tersebut menggunakan handuk kertas ataupun kain pembersih. Selain itu, anda juga bisa menggunakan pencuci kaca.

{2.} Jika noda diakibatkan oleh minyak, anda dapat menggosoknya dengan kain tipis yang bersih. Namun ingat untuk memilih kain dengan bahan katun 100 persen. Anda juga bisa melanjutkannya dengan menaburi garam pada area bernoda. Nantinya garam akan membantu kain menyerap sisa-sisa minyak.

{3.} Anda dapat menggunakan hairspray untuk menghilangkan kotoran maupun noda akibat tinta pena. Selain itu, anda juga bisa menaburi garam pada area tersebut sama seperti poin nomer dua. Ulangi cara tersebut jika diperlukan.

{4.} Selanjutnya untuk menghilangkan noda akibat makanan, muntah dan noda hewan peliharaan menggunakan soda. Anda juga bisa mencampurkan baking soda dengan air. Muntah memiliki sifat asam, oleh sebab itu baking soda dapat menetralkannya.

{5.} Hilangkan noda akibat cairan-cairan kimia, seperti alkohol dengan cara melumurinya menggunakan air dingin. Cairan kimia tersebut nantinya dapat mengencer dan dampak perubahannya tidak akan permanen.

{6.} Gunakan vakum untuk menjaga jok tetap bersih dari debu dan kotoran kecil lainnya. Perlu diingat bahwa vakum cleaner jok mobil berbeda dengan vakum untuk membersihkan karpet di rumah anda. Dengan menggunakan vakum mobil, bagian sela-sela dari jok, termasuk karpet mobil dapat dihilangkan dengan mudah.

{7.} Untuk membersihkan jok mobil terbuat dari kulit, maka gunakanlah handuk basah untuk mehilangkan noda akibat minuman ringan. Dengan cara ini, nantinya noda akan terangkat, sedangkan kulit diteliti dapat tahan dengan air, sehingga mengusap handuk basah tidak akan merusak jok Anda.

{8.} Jika jok anda terbuat dari karet ataupun vinel, gunakanlah kain basah yang sudah diberi baking soda. Anda juga bisa menggunakan deterjen pencuci yang sudah dicampur dengan air. Selain itu, hindari sorotan sinar matahari secara langsung untuk menjaga jok berbahan vinel tetap kuat.


Kesimpulan
Memiliki mobil berarti memiliki tanggung jawab baru. Oleh sebabnya, jok sebagai salah satu aksen interior mobil adalah komponen penting yang harus anda jaga dan rawat setiap saat. Beberapa cara membersihkan jok mobil yang harus diketahui di atas mungkin tidak sepenuhnya dapat membersihkan berbagai macam jenis noda. Namun begitu, dengan anda memahami pembahasan di atas, anda bisa mengetahui bagaimana cara yang benar merawat jok ataupun karpet mobil dalam beberapa keadaan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membersihkan Jok Mobil Yang Harus Diketahui