Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Membersihkan Jaket Kulit dari Noda dan Jamur

Biasanya, jaket kulit yang modis dan mahal cenderung lebih mudah terkena kotoran, entah itu cairan ataupun debu. Kulit sendiri adalah bahan halus yang sangat sensitif, sehingga perawatannya harus dilakukan secara hati-hati. Bahkan, ketika anda menggunakan sabun yang salah ketika mencuci jaket kulit tersebut, maka yang terjadi adalah munculnya noda sabun yang melekat kuat. Oleh sebab itu, agar anda tidak salah langkah, beberapa cara membersihkan jaket kulit di bawah ini mungkin akan membantu.


Cara Membersihkan Jaket Kulit dari Noda dan Jamur

{1.} Baca Petunjuk Perawatan
Sebelum membersihkan jaket kulit milik anda, pastikan anda membaca terlebih dahulu petunjuk perawatan yag biasanya terdapat pada label kerah. Untuk beberapa jenis kulit, biasanya ada persyaratan khusus, seperti tidak boleh terkena deterjen atau minyak dan lain sebagainya.

{2.} Gunakan Lap atau Busa
Ketika terdapat suatu kotoran pada jaket anda, lakukan tindakan cepat dengan cara membersihkannya menggunakan lap ataupun busa yang basah. Dengan cara tersebut, noda yang diakibatkan oleh kotoran dapat diminimalisir. Selain itu, menempatkan jaket di area yang bersih juga salah satu bentuk dari merawat jaket kulit.

{3.} Gunakan Sabun Pencuci dan Air Hangat
Anda bisa membuat ramuan pembersih sendiri dengan menggabungkan antara air hangat dengan sabun pencuci rumahan. Masukkan kedua cairan tersebut dalam satu wadah dengan takaran secukupnya. Lanjutkan dengan memasukkan jaket kulit anda ke dalam wadah tersebut. Setelah itu anda bisa menggosok bagian-bagian noda dan kotoran secara perlahan dengan gerakan melingkar.

{4.} Gunakan Minyak Zaitun atau Nabati
Selain menggunakan sabun pencuci, anda juga bisa menggunakan campuran minyak zaitun ataupun minyak nabati lainnya dengan wadah berisi air. Selanjutnya masukkan sehelai kain ke dalam cairan tersebut. Anda bisa menggunakan kain itu untuk menggosok bagian-bagian jaket yang kotor.

Jika cara membersihkan jaket kulit dari noda tersebut sudah anda lakukan hingga noda terangkat, anda bisa melanjutkannya dengan menggosokkan cuka putih menggunakan kain yang berbeda, lalu biarkan hingga kering. Selanjutnya, campurkan cuka putih dengan minyak zaitun. Gunakan kain lembut baru untuk menerapkan olahan tersebut ke seluruh bagian jaket kulit.

{5.} Gunakan Mesin Pencuci
Selain menggunakan cara manual, anda juga bisa menggunakan mesin cuci untuk membersihkan jaket kulit. Yang harus anda lakukan diantaranya adalah, memasukkan jaket kulit, 2 sdm deterjen dan air dingin ke dalam mesin pencuci. Jangan lupa masukkan juga pakaian berwarna gelap, seperti baju atau kaus kaki untuk melindungi jaket. Hidupkan mesin cuci dengan kecepatan yang lembut dan periksa selalu jika jaket butuh peregangan atau ada bagian yang rusak.

Baca juga cara dan tips memilih jaket kulit

Kesimpulan
Beberapa cara membersihkan jaket kulit dari jamur di atas dapat anda terapkan dengan mudah di rumah. Namun begitu, tidak semua noda dapat hilang hanya dengan di cuci. Ada kalanya anda membutuhkan deterjen khusus untuk bahan kulit atau memang jaket kulit anda sudah tidak bisa diselamatkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membersihkan Jaket Kulit dari Noda dan Jamur