Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Merawat dan Membersihkan Busi Mobil Dengan Mudah

Busi merupakan salah satu komponen pada mesin mobil yang sangat vital. Fungsinya sendiri untuk menyalakan uap bahan bakar yang terdapat di dalam mesin. Meskipun bentuknya kecil, namun tanpa busi sebuah mobil tidak akan bisa berjalan. Ketika sebuah busi mengalami kerusakan ataupun kotor, maka mobil anda tidak akan bisa bergerak dengan baik, bahkan tidak akan menyala. Oleh sebab itu, sangat perlu bagi anda pemilik kendaraan untuk rajin merawatnya dan pada artikel kali ini anda akan diberi sedikit cara membersihkan busi mobil yang baik dan benar.


Cara Merawat dan Membersihkan Busi Mobil Dengan Mudah

{1.} Lepas dan bersihkan busi anda satu persatu dari mesin menggunakan kunci ratchet dan soket busi. Perhatikan atau bahkan jika perlu catat urutannya. Hal ini untuk mencegah terjadi kesalahan dalam meletakkan busi yang dapat berujung pada rusaknya mesin mobil anda.

Anda dapat merekatkan pita warna pada setiap masing-masing busi dengan menambahkan pada tiap pita sebuah nomer urut. Jangan lupa juga memberi nomer pada lubang busi jika perlu. Dengan cara ini anda dapat membersihkan busi mobil bersamaan.

{2.} Gunakan kain bersih untuk menggosok bagian puing-puing dan sela-sela gusi yang kotor.

{3.} Setelah semuanya dibersihkan menggunakan kain, lanjutkan dengan mencucinya dengan cairan yang cepat kering. Anda bisa menggunakan kekuatan alkohol 90 persen atau karburator injector cleaner. Kedua cairan ini bekerja dengan baik untuk meluluhkan kotoran yang terdapat pada busi.

{4.} Selanjutnya anda bisa merendam busi menggunakan cairan pembersih toilet selama beberapa menit dengan kedalaman sekitar 1.3 cm. Gunakan pelindung mata dan sarung tangan, karena biasanya cairan pembersih toilet memiliki sifat yang keras dan dapat melukai ataupun mengiritasi kulit.

Jika anda tidak menemukan cairan pembersih toilet, anda bisa membeli cairan khusus dengan kandungan berupa hidrogen klorida sebanyak 20 persen. Lanjutkan dengan membilasnya, menyikat dan mengikisnya menggunakan kawat tipis. Jangan lupa untuk menggunakan kembali alkohol ataupun injector cleaner untuk mengganti air bilasan agar cepat mengering.

{5.} Tiup setiap sela-sela busi agar puing-puing yang tidak tersikat sebelumnya bisa terhempas. Cara merawat busi mobil seperti ini anda juga bisa menggunakan kompresor udara untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

{6.} Berikutnya adalah dengan menerapkan senyawa kering (compound). Gunanya untuk membersihkan kotoran berlebih yang tidak terlihat oleh mata. Selanjutnya gunakan lagi kompresor angin untuk menghempaskan kotoran yang sudah terkelupas.

{7.} Untuk membersihkan benang busi, anda bisa menggunakan sikat kawat yang tidak terlalu kaku. Anda juga bisa menggunakan alat celah busi khusus yang biasa digunakan oleh para tukang bengkel. Beli peralatan tersebut di toko material, otomotif ataupun toko sejenisnya.

{8.} Beralih ke bagian lubang busi. Bersihkan lubang tersebut menggunakan handuk bersih. Fungsi handuk untuk menggosok kotoran dan cairan minyak.

{9.} Setelah semua telah dirasa bersih. Pasang kembali busi ke lubang busi. Jangan lupa gunakan torsi untuk merekatkan setiap busi dengan kuat. Pastikan setiap busi terpasang pada lubang yang benar. Lanjutkan dengan mencoba menyalakan kendaraan mobil anda untuk melakukan test.


Kesimpulan
Cara membersihkan busi mobil dengan mudah di atas dapat anda terapkan secara konsisten untuk menjaga performa mobil tetap baik. Selain itu, dengan rajin merawatnya, anda secara tidak langsung sudah menghemat biaya untuk membeli busi baru serta menjaga keamanan berkendara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat dan Membersihkan Busi Mobil Dengan Mudah