Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara dan Tips Mencuci Motor Dengan Benar

Merawat motor bukan sekedar pada bagian mesinnya saja. Anda juga perlu memperhatikan kebersihan bagian eksterior dari sepeda motor itu sendiri. Oleh sebab itu, saat ini sudah sangat banyak showroom maupun bengkel yang memberikan layanan cuci motor untuk membuat kendaraan para kliennya tetap mengkilat. Namun begitu, pergi ke tempat-tempat seperti itu terkadang membosankan. Oleh sebab itu, dalam pembahasan kali ini akan diuraikan mengenai tips mencuci motor, dimana anda dapat melakukannya sendiri.


Cara dan Tips Mencuci Motor Dengan Benar

{1.} Mempersiapkan Segala Sesuatunya
Pindahkan terlebih dahulu semua barang dari bagasi, seperti peralatan, helm dan jas hujan. Selain itu, aksesoris motor juga bisa anda copot, misalnya GPS tracker. Anda juga harus mempersiapkan peralatan untuk mencuci, seperti sabun (deterjen cair), ember, remover, degreaser (mesin pembersih), WD40, sikat gigi, cat logam, cat kuku, kain berserat makro, spons berbahan katun 100%, kapas lembut, kain microfiber, kain kasar, chamois (pengering) dan peralatan lainnya yang mungkin Anda butuhkan.

{2.} Perhatikan Tempat dan Waktu
Ketika fasilitas cuci motor komersial jauh dari tempat anda tinggal, mencucinya sendiri adalah pilihan terakhir. Oleh sebab itu, memperhatikan letak pencucian sangatlah penting. Usahakan untuk menghindari mencuci motor di bagian sisi jalan maupun trotoar, karena dapat berbahaya bagi anda maupun sepeda motor tersebut. Jika bisa, gunakan halaman atau bagasi yang ada pada rumah anda.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan waktu pencucian. Jangan mencuci motor anda setelah menggunakannya dalam perjalanan yang panjang. Berikan waktu untuk mesin motor anda mendingin. Tentunya anda tidak ingin menyemprot air dingin ke mesin yang panas. Selain itu, hindari mencuci motor di atas terik sinar matahari. Karena panasnya dapat mengeringkan dengan cepat air deterjen, sehingga sisa-sisa deterjen melekat kuat pada permukaan motor anda. Jangan lupa juga untuk menghindari menggunakan deterjen di atas rumput, karena zat yang terkandung di dalamnya dapat membunuh makhluk hidup.

{3.} Gunakan Bahan Pembersih yang Sesuai
Cara mencuci motor selanjutnya adalah dengan memperhatikan bahan pembersihnya. Jangan terlalu banyak menggunakan air dan pilih produk deterjen yang sesuai dengan motor anda. Tetap hati-hati dengan bahan pembersih yang bersifat abrasif tinggi, karena bisa saja merusak krom dan cat motor. Anda juga harus memperhatikan tingkat keasaman dari bahan tersebut, sekitar enam atau delapan pH saja.

Jangan lupa untuk menanyakan pada toko anda membeli deterjen tersebut, apakah bahan pembersihnya cocok untuk segala jenis cat atau tidak. Jika anda diberi pembersih vinyl, maka jangan diterima. Meskipun hasilnya akan mengkilap, vinyl akan memberikan dampak licin pada permukaan. Selain itu, anda juga harus menggunakan sarung tangan karet ketika menggunakan deterjen dengan senyawa keras untuk menghilangkan noda membandel.


Kesimpulan
Beberapa cara dan tips mencuci motor di atas mungkin belum bisa secara penuh menjadi petunjuk anda dalam membersihkan setiap sudut dari permukaan motor. Namun intinya, ketika hendak mencuci motor, anda harus memperhatikan tempat dan waktu serta bahan yang digunakan. Bahan disini sangat penting, karena terkadang cat pada motor sangatlah sensitif. Selanjutnya anda dapat mengeringkan motor yang sudah di cuci menggunakan alat-alat yang sudah diterangkan pada poin satu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara dan Tips Mencuci Motor Dengan Benar