Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Memulai Bisnis Kuliner Yang Paling Menjanjikan

Bisnis makanan atau kuliner adalah usaha yang hingga saat ini menjadi salah satu dari banyak bisnis paling menjanjikan di dunia. Bahkan bisa kita lihat bersama, hampir di setiap jalanan terdapat rumah makan, baik itu tradisional maupun produk modern. Oleh sebab itu, bisnis kuliner ini diperkirakan akan terus bertahan dan semakin menjamur dalam waktu yang sangat lama, termasuk usaha rintisan dengan modal minim. Jadi, jika anda berfikir untuk melakukannya, maka anda sudah berada di jalan yang benar. Anda hanya perlu mempelajari beberapa ilmu mengenai usaha ini dan sebagian diantaranya dapat anda temukan pada pembahasan kali ini, mengenai tips memulai bisnis kuliner.


Tips Memulai Bisnis Kuliner Paling Menjanjikan

{1.} Pelajari Peraturan dan Persyaratan
Ada beberapa peraturan dan persyaratan yang harus anda perhatikan sebelum memulai bisnis kuliner. Diantaranya mengenai tempat, produksi makanan dan sertifikasi. Semua hal ini terkadang diperlukan dan terkadang tidak, tergantung dimana anda berjualan dan sebesar apa usaha yang anda bangun.

{2.} Riset Pasar
Ketika anda menjual suatu produk makanan atau minuman, anda harus memastikan bahwa produk tersebut memiliki pasarnya atau dengan kata lain, akan ada konsumen yang akan membeli. Untuk mengetahui hal tersebut, anda membutuhkan riset pasar. 

Anda bisa meneliti terlebih dahulu apa yang diinginkan oleh orang-orang di area tempat anda ingin berjualan. Misalnya anda berjualan di wilayah yang memiliki banyak gedung-gedung sekolah. Anda bisa mempelajari apa yang diinginkan oleh para remaja di sana. Apakah mereka menyukai warung makan dalam bentuk cafe, toko kue atau restoran jepang dan sea food.

{3.} Menentukan Produk dan Proses Produksi
Tips memulai bisnis kuliner selanjutnya adalah dengan memperhatikan mengenai produk apa yang akan dijual dan bagaimana cara produksinya. Karena yang kita berikan kepada konsumen adalah sebuah makanan, maka produksi benar-benar hal yang krusial. Anda harus menentukan, apakah akan membuat makanan tersebut sendiri atau menyewa karyawan profesional. Selain itu, jenis produknya pun harus dipikirkan. Apakah produknya hanya satu jenis dalam satu toko. Misalnya hanya menjual kue saja dengan model yang berbeda-beda atau menjual kue, permen dan coklat dalam satu toko.

{4.} Menentukan Teknik Marketing
Setelah tiga poin di atas sudah didapatkan, anda bisa memulai langkah selanjutnya dengan melakukan beberapa tahapan marketing. Ada banyak teknik penjualan yang dapat anda mulai untuk merintis bisnis kuliner. Diantaranya yang paling populer adalah melalui brosur dan media sosial. Selain itu, anda juga bisa melakukan marketing dari mulut ke mulut, serta broadcast kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu.


Kesimpulan
Tips memulai bisnis kuliner yang menjanjikan di atas mungkin hanya kulitnya saja. Akan ada banyak tantangan dan rintangan untuk anda yang ingin memulai usaha menjanjikan yang satu ini. Namun begitu, bagi seorang pebisnis, kegagalan dalan suatu bidang tidak akan menghentikan langkahnya. Oleh sebab itu, yang harus anda lakukan saat ini adalah tetap fokus sembari memperbaiki kesalahan yang ada.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memulai Bisnis Kuliner Yang Paling Menjanjikan