Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Sederhana Memulai Bisnis Usaha Batu Akik

Tips Memulai Bisnis Batu Akik - Awal tahun ini menjadi tonggak menggeliatnya pasar akan permintaan batu akik. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyaknya viral mengenai batu indah nan menawan itu diberbagai media masa, termasuk dunia maya. Selain itu, maraknya orang untuk melirik bisnis batu akik juga menjadi salah satu penyebab utama banyaknya jual beli batu permata ini. Namun begitu, banyak orang awam yang ikut-ikutan untuk terjun ke dalam pasar batu akik, sehingga sebagian dari mereka kalut dan gagal. Oleh sebab itu, jika anda sedang berpikir, menyiapkan atau sedang mulai merintis bisnis batu akik, beberapa tips di bawah ini mungkin akan sangat membantu.


Tips Memulai Bisnis Batu Akik

{1.} Lihat Permintaan Pasar dan Perkembangannya
Seperti bisnis yang lain, menganalisa pasar adalah salah satu hal yang paling penting. Karena kita ketahui bersama, sebagian pebisnis yang gagal lebih mementingkan analisa produk dan pembuatan produknya dibandingkan menganalisa seberapa besar permintaan pasar akan produk tersebut.

Mengetahui permintaan pasar juga berhubungan dengan perkembangan produk tersebut. Ketika anda ingin memulai bisnis batu akik, anda membutuhkan keterangan yang pasti, apakah batu akik yang akan anda jual banyak diminati oleh masyarakat sekitar. Terlebih jika area penjualan kita sangat sempit, semisal hanya dalam kota atau kabupaten.

{2.} Mengetahui Seluk Beluk Batu Akik
Berjualan batu akik tidak semudah yang banyak orang pikirkan. Tidak sedikit penipu yang ikut masuk ke dalam area bisnis ini. Bahkan, saat ini sudah sangat banyak sekali beredar batu akik imitasi (tiruan) dan palsu. Oleh sebab itu, amat pentinglah pengetahuan atau ilmu mengenai batu akik tersebut.

Untuk mulai mempelajari mengenai batu akik, anda dapat membaca sebanyak-banyaknya artikel dan buku yang berhubungan dengan ilmu bebatuan, termasuk juga ilmu geologi. Selain itu, mempelajari langsung kelapangan, dengan bertanya kepada ahlinya adalah pilihan paling tepat.

{3.} Jangan Lupakan Modal Usaha
Bisnis batu akik asli alami bukanlah suatu bisnis yang murah. Anda memerlukan modal yang cukup besar untuk bisa men-stok banyak batu akik dengan berbagai jenis dan bentuk. Selain itu, anda yang ingin berbisnis batu akik juga harus menyiapkan berbagai alat pengrajin jika ingin mengolah batu mentahan sendiri.

Untuk mempermudah anda dalam memulai bisnis batu akik ini, anda dapat mencari dahulu area yang paling tepat untuk menjual. Masalah “lapak” tidak perlu terlalu diperhatikan, karena biasanya menjual batu akik bisa dari mulut ke mulut. Selain itu, anda juga bisa saja tidak perlu mengolah batu akik mentahan sendiri. Anda bisa membeli batu mentahan ke pengepul A dan mempolesnya menjadi batu cincin ke tukang B. Dengan cara ini, anda dapat menghemat banyak biaya, tenaga dan waktu.


Tips memulai bisnis batu akik selanjutnya yang mungkin dapat membantu anda untuk berhasil adalah dengan mempromosikan batu akik melalui banyak media, misalnya situs online, koran dan pamflet. Selain itu, anda juga sebisa mungkin harus mulai merge dengan banyak pengusaha serta pengrajin batu akik, sehingga ilmu-ilmu mereka dapat terserap dan diterapkan oleh anda dan pada akhirnya bisnis batu akik yang dijalankan semakin sukses dan berkembang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Sederhana Memulai Bisnis Usaha Batu Akik