Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Panduan Cara dan Tips Memilih Pelek Ban Mobil

Pelek atau rims adalah salah satu bagian dari kendaraan yang paling penting, termasuk bagi mobil. Selain untuk estetika, pelek ban mobil juga ternyata memiliki fungsi yang besar, meskipun banyak pengendara tidak menyadarinya, diantaranya adalah manfaat berupa kinerja mobil yang lebih handal. Untuk itu, jika anda saat ini sedang memilih dan memilah rims, beberapa tips memilih pelek ban mobil di bawah ini mungkin akan sangat membantu.


Panduan Cara dan Tips Memilih Pelek Ban Mobil

{1.} Mencocokan Pelek Dengan Ban
Jika anda ingin mempertahankan ban yang dipakai, maka anda harus memilih pelek atau rims yang cocok dengan ban tersebut. Biasanya kecocokan dapat anda ketahui dengan cara mengukur diameter keseluruhan pelek dan ban. Selain itu, anda juga bisa menyamakan diameternya dengan pelek lama. Namun, anda juga harus tetap memperhatikan lebar satu set rims, karena ukurannya harus benar-benar sama.

Selain lebar dan diameter, anda juga harus memperhatikan pola baut yang digunakan. Pola bautnya harus sama dengan pola baut pelek lama anda. Hal ini agar saat dipasang, antara pelek dan ban memiliki kompatibilitas yang serasi

{2.} Perhatikan Performa dan Gaya
Cara memilih pelek ban mobil selanjutnya berkenaan dengan performa. Ketika anda memilih sebuah rims, maka anda harus mencobanya, apakah pelek tersebut membuat anda nyaman atau tidak saat berkendara, apakah membuat mobil semakin berat atau tidak. Selain itu, drivability kendaraan dan gaya juga sangat berpengaruh. Gaya disini bukan style, namun hukum fisika. Ketika poros pelek lebih mulus, tipis dan berongga, maka gaya yang dihasilkan akan membuat mobil anda tetap stabil dan bergerak lebih cepat.

{3.} Meningkatkan Kinerja Pelek
Jika anda ingin meningkatkan kemampuan mobil, maka cobalah untuk membeli pelek beserta ban. Dengan cara ini, anda dapat mengubah ukuran pelek, yang nantinya akan mengubah pula cara anda menaiki kendaraan, serta kinerja dari kendaraan itu sendiri. Meski begitu, ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika anda ingin meningkatkan kinerja pelek. Ketika anda menambahkan sizing atau ukuran, maka diameter dan lebar juga otomatis akan meningkat. Saat itu pula, dinding samping akan lebih pendek.

Secara tidak langsung, kendaraan anda mungkin akan lebih tinggi, menyebabkan fender mungkin akan terpukul oleh ban. Oleh sebab itu, konsultasikan dahulu kepada ahli bengkel sebelum membesarkan rims. Jangan sampai peningkatan radius yang anda lakukan membuat kendaraan lebih lambat serta mengurangi efektivitas dari pengereman anti-lock.

{4.} Bahan
Tips memilih pelek ban mobil yang terakhir adalah menentukan bahan. Biasanya pelek ban mobil terbuat dari baja atau alumunium. Kedua bahan ini dipilih karena massa-nya yang tidak terlalu berat, sehingga dapat menghemat bahan bakar. Selain itu, ada pula bahan pelek yang terbuat dari campuran logam dan alumunium. Logam berfungsi agar keadaan fisik rims lebih kuat.


Kesimpulan
Memilih rims ban memang terlihat mudah, namun jika kita lihat beberapa panduan cara tips memilih pelek ban mobil di atas, kita akan tahu bahwa pelek adalah bagian dari ban yang sangat penting, baik itu secara teknis maupun estetika. Oleh sebab itu, memilihnya secara selektif dan berhati-hati adalah suatu tindakan yang sangat bijak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Panduan Cara dan Tips Memilih Pelek Ban Mobil