Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Nanas adalah buah berwarna kuning yang memiliki rasa yang masam. Buah ini biasa dimakan secara langsung dengan tambahan bumbu sambal. Selain itu, buah nanas juga sering dibuat menjadi jus. Bukan hanya lezat, ternyata nanas juga memiliki banyak kandungan nutrisi. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya khasiat yang terkandung pada buah masam tersebut. Ingin tahu apa saja manfaat buah nanas untuk kesehatan? Berikut ulasannya untuk anda.

manfaat buah nanas

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

{1.} Kaya Akan Vitamin
Buah nanas sarat akan kandungan mineral dan vitamin. Setidaknya anda akan menemukan vitamin A, C, kalium, fosfor dan kalsium di dalam buah ini. Selain itu juga, nanas diteliti memiliki kandungan kolesterol dan lemak yang rendah, sehingga cocok bagi para pelaku diet.

{2.} Mencegah Penyakit Batuk dan Pilek
Seperti yang disebutkan pada poin satu, buah nanas kaya akan vitamin. Salah satu vitamin yang mampu mencegah tubuh dari serangan penyakit flu dan batuk adalah vitamin C. Nantinya vitamin tersebut akan melawan virus penyebab batuk dan pilek. Selain itu, buah nanas juga dapat dijadikan obat jikalau batuk dan pilek sudah terlanjur menyerang.

{3.} Menguatkan Tulang
Nanas dipercaya memiliki khasiat untuk membangun serta mempertahankan kekuatan tulang. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kandungan mangan di dalam buah tersebut. Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi buah nanas dapat mengisi kebutuhan harian tubuh akan mangan hingga 73 persen.

{4.} Menjaga Kesehatan Gusi
Selain gigi, gusi juga amat penting untuk dijaga kesehatannya. Dengan mengkonsumsi buah nanas secara rutin, anda dapat menjaga kesehatan gusi, serta membuatnya tetap kuat.

{5.} Mengurangi Risiko Degenerasi Makula
Degenerasi makula adalah salah satu penyakit yang menjadi penyebab hilangnya penglihatan orang dewasa. Hal tersebut disebabkan karena serangan terfokus pada retina. Untuk mengurangi resiko penyakit ini, anda dapat mengkonsumsi nanas secara rutin. Kandungan beta karoten pada buah nanas mampu menurunkan risiko degenerasi makula hingga 36 persen.

{6.} Menyembuhkan Radang Sendi
Nanas adalah salah satu buah yang memiliki sifat anti-inflamasi. Hal tersebutlah yang membuat buah ini mampu mengurangi rasa sakit akibat peradangan pada sendi. Selain itu, secara bersamaan kandungan baik pada buah nanas mampu memperkuat kondisi tulang, sehingga proses penyembuhan akan lebih cepat. Bahkan, efek anti-inflamasi pada buah nanas juga bermanfaat untuk para penderita asam urat dan carpal tunnel syndrome.

{7.} Menjaga Kesehatan Pencernaan
Buah nanas memiliki kandungan bromelain yang bermanfaat untuk menetralkan cairan pada pencernaan agar tidak memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Selain itu, nanas juga dapat membantu mengatur sekresi yang terdapat di pankreas. Bahkan, buah masam ini juga mengandung protein yang baik untuk pencernaan.


Dari penjelasan di atas tentunya kita bisa mengetahui betapa banyaknya manfaat buah nanas untuk kesehatan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi kita untuk mengkonsumsi buah nanas sebagai sarapan pagi. Namun begitu, mengkonsumsi buah nanas berlebihan tetap tidak baik bagi tubuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan