Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

5 Kesalahan Saat Mencuci Muka Yang Sering Dilakukan

Mencuci muka adalah bagian dari menjaga kesehatan. Oleh sebab itu, wajib bagi kita untuk konsisten melakukannya, agar wajah tidak terserang berbagai penyakit kulit. Selain itu, sebagian dari kita masih kurang mengetahui mengenai seluk beluk mencuci muka, sehingga kebanyakan dari mereka melakukannya secara asal. Terkadang hal tersebut berhasil dan bisa jadi berdampak negatif, seperti kulit berminyak lebih, iritasi, kekeringan hingga berjerawat. Oleh sebab itu, agar mencuci wajah menghasilkan dampak yang positif, anda harus menghindari 5 kesalahan saat mencuci muka di bawah ini.


5 Kesalahan Saat Mencuci Muka Yang Sering Dilakukan

{1.} Memilih Produk yang Salah
Produk wajah yang terbaik adalah yang benar-benar dapat menghilangkan atau membersihkan kotoran dan make up yang melekat. Selain itu, produk tersebut pun tidak boleh meninggalkan minyak berlebih di pori-pori kulit.

Sejauh ini, produk pencuci wajah yang terbaik adalah yang memiliki tekstur lembut dengan bahan alami sebagai salah satu komposisinya. Selain itu, pilihan pencuci wajah yang terbaik adalah yang memiliki scrub tidak kasar, sehingga kulit terhindar dari iritasi dan kemerah-merahan.

{2.} Mencuci Wajah Berlebihan
Mencuci wajah sekali atau dua kali setiap hari adalah pilihan yang bijak. Lebih dari itu, maka kulit wajah anda akan lebih cepat kering atau bahkan mendapati minyak berlebih. Selain itu, kebanyakan orang saat ini menggunakan berbagai macam pencuci muka, padahal dirinya jarang menggunakan make up ataupun tabir surya.

Cara terbaik untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan mencuci muka pada pagi dan malam sebelum tidur saja. Jika anda tidak menggunakan make up atau tidak bekerja seharian sehingga hanya sedikit mengeluarkan keringat, maka jangan gunakan produk pencuci muka pada malam hari, namun gunakan air hangat agar pori-pori dapat beristirahat.

{3.} Temperatur Air yang Salah
Banyak orang yang takut mencuci muka dengan air hangat. Mereka mengatakan bahwa air hangat mampu membuka pori-pori, sehingga kotoran lebih cepat masuk dan menyebabkan iritasi. Padahal, hal tersebut hanyalah mitos, karena faktanya kulit tidak memiliki otot untuk membuka dan menutup.

{4.} Pengelupasan Terlalu Banyak
Kesalahan mencuci muka berikutnya adalah penggunaan produk scrub yang terlalu banyak, sehingga pengelupasan kulit mati berlangsung dengan jumlah yang berlebihan. Hal tersebut membuat efek positif dari pengelupasan berbalik menjadi negatif. Selain itu, kesalahan lainnya yang biasa dilakukan adalah mengelupas kulit menggunakan handuk atau lap. Padahal, cara terbaik adalah menggunakan jari-jari yang bersih.

{5.} Media yang Kotor
Tidak sedikit orang yang mencuci muka melupakan media pembersih wajahnya. Sebut saja tangan yang kotor, air yang kurang bersih dan handuk yang kasar. Padahal, beberapa media tersebut sangat mempengaruhi kualitas kulit wajah anda. Bahkan, bisa jadi bakteri yang terdapat pada air, tangan atau handuk melekat ke permukaan wajah dan menyebabkan timbulnya jerawat ataupun iritasi.


Selain 5 kesalahan saat mencuci muka di atas, masih ada beberapa keselahan-kesalahan lainnya yang mungkin saja Anda praktekan selama ini. misalnya, ketakutan kita akan produk dengan komposisi minyak. Padahal faktanya, minyak dapat melarutkan minyak. Sehingga minyak jahat pada muka kita bisa larut dan terbuang serta digantikan dengan minyak berkualitas baik. Selain itu, kurang bersih dalam membilas juga menjadi salah satu kesalahan dalam mencuci muka.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Kesalahan Saat Mencuci Muka Yang Sering Dilakukan