Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Android OS

Jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya, Android bisa dibilang adalah OS yang masih muda dan berkembang. Namun kita tidak dapat menafikan bahwa perkembangannya sangatlah pesat dan massive. Bahkan hanya dalam waktu singkat, sistem operasi opensource tersebut mampu menyaingi OS mobile populer saat ini, yaitu iOS dan Windows phone. Untuk mengetahui bagaimana keadaan Android OS dibandingkan sistem operasi mobile lainnya, Anda dapat menyimak ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Android OS di bawah ini.


Kelebihan dan Kekurangan Android OS

Kelebihan Android

{1.} Kemampuan Untuk Multitasking
Salah satu kelebihan yang menonjol dari OS yang diurus oleh Google ini adalah kemampuan pengguna untuk melakukan multitasking dengan nyaman dan lincah. Setiap pengguna diberi akses secara mudah untuk menggunakan lebih dari satu aplikasi dalam satu waktu. Hal ini tentunya akan mempermudah pengguna dalam melakukan setiap aktivitas. Misalnya ketika anda harus membuka lebih dari satu aplikasi jejaring sosial untuk menuliskan status terbaru anda.

{2.} Notifikasi Yang Memudahkan
Android OS dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengetahui pemberitahuan yang ada, mulai dari alarm, baterai, sms, email, rss, update aplikasi, game dan lain sebagainya. Semua pemberitahuan tersebut juga dibuat dalam bentuk taskbar yang mudah untuk dibuka dan digulir.

{3.} Akses Unduh Jutaan Aplikasi
Android disusun oleh Google untuk memudahkan para penggunanya mendapatkan aplikasi yang mereka inginkan. Untuk itu perusahaan Google menambahkan fitur Google Play Store, dimana para pengguna Android dapat mengunduh aplikasi dan game lalu menginstallnya di perangkat mereka.

Ada ratusan hingga jutaan aplikasi dan permainan yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan. Sebagian besar dari aplikasi tersebut dipasarkan secara gratis. Sedangkan sebagian lainnya hadir dengan bandrol harga yang murah meriah.

{4.} Ada Dibanyak Perangkat
Seperti yang kita tahu saat ini, hampir semua vendor atau perusahaan gadget menggunakan Android sebagai OS-nya. Bahkan mungkin hanya iPhone dan Nexus saja yang tidak akan pernah melirik sistem operasi ini.

Kekurangan Android

{1.} Koneksi Internet Terus Menerus
Jika anda adalah pengguna Android, tentunya anda tahu bahwa akses internet adalah kebutuhan utama. Ketika anda ingin menggunakan suatu aplikasi, maka tidak jarang tanpa sadar kuota data anda habis begitu saja. Selain itu, banyak pula game yang membutuhkan akses internet untuk memainkannya. Untuk itu, sebagian orang hanya mengaktifkan koneksi internet jika sedang di area hotspot atau dengan menggunakan paket unlimited.

{2.} Banyak Iklan
Jutaan aplikasi yang dapat diunduh dan install di Google Play Store dibuat secara gratis bukanlah tanpa alasan. Ada sebuah sistem pihak ketiga, dimana para developer memasang iklan pada aplikasi yang mereka buat untuk menghasilkan keuntungan. Oleh sebab itu, kebanyakan kita akan melihat banyak iklan bergentayangan pada setiap aplikasi yang ada. Problem ini sebenarnya bisa diatasi dengan menginstal aplikasi adblock dan semacamnya.

Lihat serta baca juga smartphone Android tertipis

Kesimpulan
Setelah anda mengetahui kelebihan dan kekurangan Andoid OS maka anda akan mendapatkan kesimpulan bahwa Android sangat cocok bagi mereka yang menginginkan kemudahan akses pada banyak aplikasi unik dan bermanfaat. Namun begitu, jika anda menginginkan sesuatu yang lebih mewah, maka Android masih kalah dengan iOS. Tapi sebaliknya, jika anda menginginkan akses tanpa batas serta update versi yang gratis, maka Android tidak akan terkalahkan, termasuk oleh Windows sekalipun.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Android OS