Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Ciri Ciri dan Aneka Jenis Batu Kecubung

Ciri dan Aneka Jenis Batu Kecubung - Salah satu jenis batu akik yang sangat populer dan memiliki harga yang cukup tinggi adalah batu kecubung. Batu jenis ini memiliki beragam nama, namun yang paling terkenal adalah kecubung dan amethyst. Kecubung diambil dari nama buah, sedangkan amethyst memiliki arti tidak mabuk. Amethyst sendiri terbagi lagi menjadi dua, yaitu flower dan banded. Kecubung sendiri kalau kita lihat perkembangannya benar-benar dicari oleh banyak orang, mulai dari lokal (Indonesia) hingga internasional.

Ciri dan Aneka Jenis Batu Kecubung

Ciri Khas Batu Kecubung
Banyak sekali ciri-ciri dari batu yang indah nan menawan ini. Namun ada beberapa ciri khas yang menonjol, diantaranya adalah warna dan serat. Warna dari batu kecubung ini ada beberapa macam, mulai dari ungu muda, ungu tua, coklat, polos dan merah muda. Namun kebanyakan masyarakat Indonesia lebih mengenal warna dasar dari kecubung adalah ungu. Sedangkan seratnya lebih halus namun tidak terlalu polos.

Sejarah, Tempat dan Penyebaran
Perlu kita ketahui bersama, batu kecubung tersebar dan dapat ditemukan tidak hanya di tanah Indonesia. Banyak sekali negara-negara yang dapat kita jelajahi untuk mendapatkan batu akik yang mempesona ini. Beberapa diantaranya bahkan tidak pernah kita bayangkan, seperti Amerika, Kanada, Brasil, Rusia dan India. Sedangkan untuk Indonesia sendiri, anda akan menemukan banyak batu akik kecubung di pulau Kalimantan dan Sumatra.

Aneka Jenis Batu Kecubung

{1.} Batu Kecubung Rambut


Khusus untuk kecubung rambut, anda akan melihat warna yang berbeda dari jenis-jenis yang lainnya. Kecubung rambut memiliki warna khas yaitu coklat. Sedangkan bagian dalamnya hampir benar-benar bening. Selain itu, anda akan melihat untaian serat yang tipis namun jelas. Untaian serat tersebut berbentuk seperti rambut.

{2.} Batu Kecubung Air


Seperti namanya, kecubung air memiliki warna seperti air, yaitu bening. Selain itu, tidak ada corak khusus yang terlihat, baik dalamannya maupun permukaan. Anda bisa mendapatkan mentahan kecubung air di banyak tempat di Kalimantan.

{3.} Batu Kecubung Wulung


Warna dari kecubung wulung akan terlihat jelas ketika diberi cahaya. Biasanya warna yang akan terlihat adalah ungu pekat atau merah. Batu jenis ini memiliki bandrol harga yang biasanya lebih mahal dari jenis-jenis lainnya. Selain itu, anda bisa mendapatkan mentahan dari wulung di tanah Kalimantan.

{4.} Batu Kecubung Teh


Anda akan melihat batu kecubung teh berwarna sama dengan namanya, yaitu seperti teh (coklat bening). Banyak orang yang menggunakan batu jenis ini sebagai perhiasan wanita, karena pola, serta penampilannya yang begitu cantik.


Kesimpulan
Setelah membaca ciri dan aneka jenis batu kecubung di atas, tentunya ada perasaan ingin membelinya, terutama para kolektor pecinta batu agate. Namun begitu perlu diperhatikan, tidak sedikit orang yang memasak batu kecubung mentah yang tidak berkualitas menjadi sangat indah. Oleh sebab itu, untuk membeli batu akik populer ini, anda harus benar-benar paham betul ciri-cirinya dan bisa membedakan mana batu asli, masakan dan imitasi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ciri Ciri dan Aneka Jenis Batu Kecubung