Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Ciri Ciri dan Aneka Jenis Batu Kalimaya

Kalimaya adalah salah satu jenis batu akik yang populer di Indonesia, bahkan di dunia. Harga batu ini juga terbilang cukup tinggi, terlebih jika jenisnya sangat langka. Selain itu, batu akik kalimaya juga memiliki berbagai ciri yang dapat menjadi pembeda dengan batu akik jenis lainnya maupun dengan batu akik imitasi.

Ciri Ciri dan Aneka Jenis Batu Kalimaya

{1.} Ciri-ciri batu kalimaya
  • Batu kalimaya memiliki sifat tahan api. Anda bisa membuktikannya dengan cara membakar batu tersebut dengan korek api. 
  • Selain tahan terhadap api, batu kalimaya juga memiliki sifat yang sama dengan batu alam mulia lainnya, yaitu tidak bisa di hancurkan, diluluhkan atau dicampur dengan bahan-bahan kimia, seperti minyak dan cat. Bahkan mengoles dengan bahan-bahan tersebut juga tidak akan menyisakan bekas. 
  • Memiliki serat yang terlihat jelas dan alami 
  • Beratnya berisi
{2.} Aneka jenis batu kalimaya
Setiap jenis batu kalimaya memiliki ciri khasnya masing-masing. Selain itu, setiap jenis batu akik kalimaya juga memiliki daerah-daerahnya masih-masing untuk dapat ditemukan.

Batu Kalimaya Kristal


Batu kalimaya kristal sebenarnya adalah batu umum dari jenis kalimaya. Batu jenis ini yang paling mudah dicari dan banyak dijual. Bahkan terkadang harganya pun terjangkau. Untuk ciri-cirinya sendiri, batu kalimaya kristal leih terlihat bening namun tetap berserat lembut. Anda bisa membedakan batu kalimaya kristal asli dengan palsu dari kilauan warna yang indah setelah disorot oleh cahaya.

Batu Kalimaya Kristal Air Kelapa


Perbedaan batu kalimaya kristal dengan kristal air kelapa adalah dari warna dasarnya. Batu kalimaya kristal air kelapa memiliki warna dasar yang sama dengan namanya, yaitu bening putih seperti air kelapa. selain itu, jenis batu akik ini juga biasa dipanggil dengan sebutan kalimaya susu dan memiliki ciri khas berupa bisa berwarna-warni bagaikan pelangi ketika disorot cahaya.

Batu Kalimaya Kristal Teh


Jika kristal dan kristal air kepala memiliki warna yang cerah dan cenderung putih, maka batu kalimaya kristal teh memiliki warna yang kecoklatan namun transparan seperti air teh. Selain itu, batu akik jenis ini juga memiliki pantulan cahaya yang beragam warna dan tidak menentu.

Batu Kalimaya Black Opal


Batu kalimaya black opal adalah salah satu dari berbagai jenis batu akik yang memiliki harga melambung tinggi di pasaran. Hal tersebut mungkin dikarenakan langkanya batu jenis ini dan ciri khasnya yang unik, yaitu berwarna hitam pekat dengan tampilan yang gelap. Ciri unik lainnya yang dapat anda lihat adalah ketika batu ini disorot oleh cahaya, warna bisa seperti pelangi yang berwarna-warni akan muncul dengan indah.


Kesimpulan
Dari pembahasan mengenai ciri dan aneka jenis batu kalimaya di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa batu jenis ini sangatlah beragam, mulai dari ciri khas hingga harganya. Bahkan jika kita lihat, semua kalangan dapat membeli batu jenis ini, mulai dari kalangan menengah ke bawah dengan kalimaya kristal, hingga kalangan atas dengan black opal-nya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ciri Ciri dan Aneka Jenis Batu Kalimaya