Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Menyembuhkan Mata Merah Secara Alami

Mata merah dapat disebut juga dengan nama konjungtivitis virus. Hal tersebut dikarenakan penyebab dari mata merah adalah infeksi virus. Penyakit ini sangat menular dan biasa terjadi pada bagian lapisan mata yang terluar ataupun bagian terdalam bulu mata. Biasanya mata merah terjadi selama musim serbuk sari ataupun musim hujan ketika merajalelanya alergi dan infeksi virus. Untuk menangani penyakit ini, Anda dapat menggunakan obat tetes ataupun obat lainnya sembari melakukan beberapa cara menyembuhkan mata merah secara alami dan cepat di bawah ini.


Cara Menyembuhkan mata merah secara Alami

{1.} Cuci Mata
Anda dapat membuat pencuci mata sendiri di rumah. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu menyiapkan 1 sdt garam, yang telah di masak bersama dengan secangkir air. Setelah itu tunggu hingga suhunya mendingin, lalu gunakan air tersebut untuk mencuci mata Anda. Lakukan cara ini sepanjang hari hingga mata yang merah sembuh.

Selain campuran air dan garam, Anda juga dapat membeli ramuan yang bernama herbal eye wash. Biasanya pencuci muka ini menggunakan bahan baku ekstrak raspberry serta akar-akaran. Jika Anda tidak menemukan obat ini di toko ataupun apotek, Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara merebus daun raspberry, akar goldenseal dan comfrey.

{2.} Kantong Teh
Buat secangkir teh kantong, setelah habis jangan buang kantong teh tersebut. Selanjutnya dinginkan kantong tersebut di dalam kulkas selama 1 jam. Setelah itu, letakan kantong teh tersebut tepat pada mata Anda. Dengan cara ini, kandungan tannin yang melekat pada kantong teh dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan akibat mata merah. Selain itu, suhu dinginnya mampu mengurangi rasa gatal.

{3.} Kompres Hangat
Biasanya, ketika mengalami mata merah, kelopak mata akan terjebak pada lendir yang diproduksi oleh mata. Oleh sebab itu, untuk melonggarkan lendir dan agar bulu mata kembali bebas, Anda dapat mengompres mata dengan bantuan handuk halus dan air hangat.

{4.} Susu Dingin
Jika mata merah terjadi pada seorang anak atau bayi, sang ibu dapat mengobatinya dengan bantuan ASI. Mengapa? Hal tersebut karena kandungan antibodi yang terdapat pada ASI mampu menangkal infeksi yang terjadi pada mata. Selain itu, menggunakan secangkir susu yang sudah didinginkan juga mampu menjadi pilihan. Anda dapat menerapkan susu tersebut menggunakan kapas lembut dengan cara dioles perlahan.

{5.} Cuka Sari Apel
Cuka apel memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah sebagai bahan alami dan cepat menyembuhkan mata merah. Anda dapat mengolah cuka apel dengan segelas air, lalu aduk hingga merata. Setelah itu, gunakan ramuan tersebut sebagai obat tetes mata. Dengan cara ini, mata yang bermasalah jauh dari rasa gatal.

{6.} Kentang
Gunakan potongan kentang, lalu letakan di mata yang merah. Nantinya zat yang terkandung pada kentang ini akan mengurangi peradangan dan pembengkakan pada mata merah.

{7.} Ketumbar
Olah beberapa potong ketumbar dengan cara direbus. Setelah itu saring air bekas rebusan dan jadikan sebagai air kompres dingin. Selain itu, air ketumbar tersebut juga bisa digunakan sebagai pencuci mata dengan bantuan pipet.


Selain beberapa cara menyembuhkan mata merah secara alami di atas, Anda juga harus sadar bahwa pola hidup juga mempengaruhi kualitas mata. Contohnya saja melihat layar alat-alat elektronik secara berlebihan, asap rokok dan waktu tidur yang buruk. Semua itu bisa mempengaruhi kualitas dan kesehatan mata Kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menyembuhkan Mata Merah Secara Alami