Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

iPhone adalah salah satu perangkat komunikasi yang memiliki pengguna terbesar di dunia. Kebanyakan kita sudah paham bahwa ponsel ataupun tablet yang dibuat oleh perusahaan Apple ini memiliki kualitas serta fitur premium. Bahkan vendor raksasa yang berada di balik perakitan perangkat tersebut memberikan harga yang menjulang tinggi untuk setiap rilisnya. Namun begitu, kehadiran iPhone juga mengajak banyak elemen masyarakat untuk ingin memilikinya. Sehingga pada akhirnya bermunculan iPhone palsu yang biasa kita sebut dengan dengan nama iPhone Kw, King Copy ataupun Super King Copy. Oleh sebab itu, jika anda ingin membeli perangkat premium ini, tidak ada salahnya mengetahui cara membedakan iPhone asli dan palsu.


Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

{1.} Periksa Sekrup
Sekrup atau baut yang digunakan untuk merakit iPhone berbeda dengan sekrup-sekrup lainnya. Mereka menggunakan sekrup model pentalobe yang bisa dibuka oleh peralatan milik perusahaan raksasa tersebut saja. Sedangkan untuk iPhone palsu dan selainnya biasa menggunakan baut seperti tanda plus ataupun minus.

{2.} Perhatikan Letak Tombol
Cara membedakan iPhone asli dan palsu selanjutnya adalah dengan memeriksa setiap tombol yang menonjol pada casing. Secara umum, iPhone asli memiliki tombol hidup mati (wake & sleep) pada sudut kanan atas, sedangkan tombol volume dan dering berada di sudut kiri atas.

{3.} Perhatikan Layar
Anda yang ingin membeli iPhone asli harus tahu bahwa iPhone asli memiliki layar yang kokoh, jelas dan tidak pecah (pixelated).

{4.} Harus Ada Logo Apple
Tentu saja, tanda paling awam yang bisa kita ketahui bahwa iPhone itu asli adalah dengan melihat pada bagian casing belakang, apakah ada logo Apple atau tidak. Jika tidak ada, tentu itu iPhone palsu.

{5.} Periksa Nomer Seri
Hidupkan iPhone yang ingin diperiksa, masuk kebagian “Settings” > “General” > “About”. Selanjutnya Anda akan melihat deretan nomer seri. Setelah itu masuk ke situs resmi Apple lalu masukan nomer seri-nya di form yang sudah disediakan. Jika terdeteksi, maka iPhone tersebut asli.

{6.} Kapasitas Memori
Setiap seri iPhone terkadang memiliki jumlah kapasitas memori (ROM) yang berbeda, seperti 16 GB, 32 GB dan 64 GB. Untuk mengetahui hal ini, anda dapat mencocokan dengan bungkus atau box dari iPhone itu sendiri. Anda juga bisa mencari tahu di internet mengenai spesifikasi dari iPhone yang anda ingin beli, setelah itu mencocokannya dengan iPhone yang ingin diketahui keasliannya. Selain itu, ROM tersebut haruslah ada secara internal. Maka dari itu, sebelum pengecekan, anda harus melepas memori eksternal, misalnya microSD.

{7.} Periksa Sistem Operasi
Tentu yang pasti, iPhone menggunakan sistem operasi khas, yaitu iOS. Jika berbeda, sudah pasti 100 persen palsu.


Kesimpulan
Selain 7 cara membedakan iPhone asli dan palsu di atas, Anda juga harus memeriksa aspek-aspek lainnya. Biasanya orang yang bertindak jahat menyembunyikan kepalsuan perangkat tersebut, walaupun memang ada yang terang-terangan menjual iPhone KW super. Anda bisa mencoba mengecek berbagai sisi yang lebih rinci, seperti Siri, iTunes, font, layar selamat datang dan lain sebagainya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu