Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Menjaga Smartphone Android dari Virus

Anda memiliki ponsel pintar Android? Jika iya, maka Anda adalah salah satu dari jutaan orang yang merasakan ketangguhan dari sistem operasi gratis ini. Didukung oleh lebih dari 1,3 juta aplikasi siap unduh yang tersimpan di Play store, membuat Android menjadi salah satu OS paling diminati di dunia. Bahkan saat ini pamornya lebih tinggi dibandingkan Windows dan bersaing ketat dengan iOS. Namun, sisi positif tersebut akan selalu dibarengi dengan sisi negatif.

Bayangkan saja, jutaan orang menjadi pengguna smartphone Android dan jutaan orang pula yang menjadi depelover aplikasi Android. Tentunya ada satu dua orang atau lebih yang memanfaatkannya sebagai media untuk merusak, mencuri dan mengambil informasi penting bagi banyak pengguna melalui perantara virus. Oleh sebab itu, sebelum semuanya terjadi, sebaiknya Anda mengetahui dahulu bagaimana cara menjaga smartphone Android Anda dari virus. Berikut ulasannya.


Tanda-tanda Bahwa Android Anda terkena virus

Sedia payung sebelum hujan, adalah kalimat yang tepat untuk menghalau terjadinya serangan virus. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui dahulu apa-apa saja indikasi yang muncul jikalau smartphone Android Anda terkena virus.

{1.} Muncul Aplikasi Aneh tak Terinstall
Biasanya, orang-orang jahil menyisipkan sedikit kode virus di dalam aplikasi yang Mereka bagikan di apps store. Oleh sebab itu, ketika Anda melakukan unduh dan install suatu aplikasi, lalu banyak aplikasi lainnya yang ikut terbawa, maka dapat dipastikan bahwa aplikasi tersebut mengandung virus.

Atasi masalah ini dengan menghapus aplikasi-aplikasi atau game tersebut. Namun perlu diperhatikan bahwa, mungkin virus yang tersebar pada ponsel Anda berkembangbiak menggunakan paket data internet atau sinyal frekuensi. Oleh sebab itu, jadikan dahulu smartphone Anda dalam mode pesawat dan pastikan internet tidak tersambung.

{2.} Hang, Lag dan Lamban
Biasanya, efek dari menyebarnya virus adalah terjadi kerusakan, kehilangan data atau data yang bocor. Selain itu, kinerja dari pengoprasian setiap fitur yang ada pada ponsel Anda menjadi sangat terganggu.

Untuk mengatasinya, Anda bisa me-restart ponsel tersebut. Jika masih tidak bisa juga, cobalah menggunakan anti-virus.

Anti-virus untuk Mengatasi Virus
Ada beberapa cara untuk mengatasi virus di android yang menyebar serta membuatnya tidak berbalik kembali menyerang. Salah satunya adalah dengan menggunakan anti virus yang banyak dibuat dan dibagikan di apps store. Oleh karena itu, cobalah menginstall salah satu dari anti virus tersebut, jangan lupa untuk memilih yang berukuran ringan, memiliki review positif, fitur yang banyak dan berguna.

Baca juga tips cara memilih smartphone yang baik dan benar

Itulah beberapa cara menjaga smartphone android dari virus. Pada dasarnya, virus dapat menyebar dengan mudah karena kesalahan pada diri sendiri. Banyak dari Kita sangat mudah menginstall suatu aplikasi tanpa melihat dahulu track record dan review konsumen sebelumnya. Selain itu, tidak sedikit orang yang mengunduh aplikasi bukan dari Play store, sehingga sekuritasnya sangat minim. Bahkan, masih saja ada yang melakukan unduh dan install konten dewasa yang kebanyakan disisipi virus mematikan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menjaga Smartphone Android dari Virus