Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Menghilangkan Bercak Hitam Batu Bacan Doko

Batu bacan doko pertama kali ditemukan di Maluku Utara, tepatnya di Desa Doko, Pulau Kasiruta, Kecamatan Bacan Barat Halmahera. Batu bacan jenis ini banyak dicari oleh kolektor lokal maupun mancanegara karena keindahannya dan harga jualnya yang tinggi. Ciri-ciri dari batu bacan doko adalah warnanya yang hijau bening serta hijau tua gelap seperti warna cingcau. Selain itu, batu bacan jenis ini juga memiliki ciri-ciri khusus ketika disorot cahaya senter. Batu bacan doko akan membiaskan cahaya senter dan menyebarkan cahaya pada bagian sisi-sisinya membentuk lingkaran, sedangkan pada bagian tenganya akan tampak hijau cerah.


Keunikan lainnya yang dimiliki oleh bacan doko adalah sifatnya yang mudah berubah warna dibandingkan dengan jenis-jenis batu bacan lainnya, seperti palamea dan obi. Batu jenis ini dapat berubah warna dari hijau tua menjadi hijau bening dalam kurun waktu sekitar 3 sampai 4 bulan. Batu yang lebih bening sendiri harga jualnya lebih mahal. Walau begitu, batu bacan doko ini juga mempunyai kekurangan, diantaranya ialah adanya bercak hitam pada batu tersebut yang bisa membuatnya akan menjadi terlihat kurang indah. Tetapi jangan bingung, ada beberapa cara menghilangkan bercak hitam batu bacan doko yang efektif. Berikut dibawah ini tutorialnya.

Cara Menghilangkan Bercak Hitam Batu Bacan Doko

{1.} Siapkan batu bacan doko yang akan dihilangkan bercak hitamnya. Selain itu, siapkan juga minyak kayu putih atau minyak bayi sebagai media pembersihan serta wadah beling seperti mangkok dan gelas.

{2.} Setelah semua telah disiapkan, oleskan minyak tersebut keseluruh bagian batu bacan doko secara merata. Tapi perlu diperhatikan, pengolesan jangan dilakukan dengan cara ditekan, nakan tetapi dioles secara perlahan dan halus.

{3.} Jika disemua permukaan pada batu bacan doko sulah diolesi minyak, selanjutnya letakkan di atas wadah beling. Setelah itu wadah beling tersebut diletakkan di atas terik matahari atau menjemur batu bacan doko tersebut.

{4.} Perhatikan batu tersebut, jika ada perubahan warna maka eksperimen yang Anda lakukan tersebut sudah berhasil dengan cepat. Namun jika warna bercak hitam dirasa belum menghilang, Anda dapat mencoba mengoleskan lagi minyak bayi atau minyak kayu putih seperti cara no. 2. 

Proses perubahan warna memang belum tentu berlangsung cepat, hal tersebut tergantung dari sedikit banyaknya bercak hitam pada batu bacan serta keadaan dari batu itu sendiri. Jika batu tersebut semakin maka prosesnya tentu akan semakin sulit dan umur batupun juga akan dapat mempengaruhi transformasi dari warna dari batu bacan doko.

Namun, jika Anda merasa bahwa cara menghilangkan bercak hitam batu bacan doko ini belum maksimal, Anda dapat menambahkan cara yang lain seperti dengan menggosoknya dengan kain berbahan kulit, ataupun menambahkan berbagai cairan lain seperi air kelapa dan minyak zaitun. Tapi cara-cara tersebut tidak boleh dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang cepat, karena dapat melukai batu bacan doko itu sendiri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghilangkan Bercak Hitam Batu Bacan Doko