Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mengetahui Kualitas Batu Zamrud

Zamrud adalah salah satu dari batu akik atau batu mulia yang sangat banyak dicari, dari kolektor sampai orang awam sekalipun. Penampilannya yang begitu menawan dan tampak memikat menjadi salah satu alasan dan kelebihan dari batu yang satu ini. Selain dari pada itu, batu zamrud ini juga menjadi salah satu batu yang lebih mudah dikenali, dimana pada serat-serat inklusi yang alami begitu unik dan juga dapat dilihat walau tanpa menggunakan kaca pembesar.

Batu permata jenis ini juga akan mempertontonkan gemerlap keindahannya apabila saling disandingkan. Selain itu, batu zamrud juga diteliti mempunyai kemampuan cukup kuat untuk dapat menyerap energi dari luar kedalam bagian batu sehingga akan membentuk ion-ion yang bisa membuat batu zamrud akan terlihat lebih menyala lagi. Namun, terkadang seseorang yang masih awam tidak memahami bagaimana ciri-ciri batu zamrud yang berkualitas. Maka oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana cara mengetahui kualitas batu zamrud.


Cara Mengetahui Kualitas Batu Zamrud

{1.} Warna
Pada point pertama yang harus anda perhatikan dalam mendapatkan batu zamrud yang berkualitas baik adalah dengan cara melihat warnanya. Pada umumnya, batu zamrud mempunyai warna hijau serta campuran berwarna hijau kuning dan warna hijau biru. Jadi, jika anda temukan batu zamrud yang warnanya lain, kemungkinan besar itu bukanlah batu yang berkualitas baik.

{2.} Kristal
Dalam batu zamrud ada beberapa unsur yang terdapat di dalamnya, dari mulai kristal hingga kotoran alami. Oleh sebab itu, untuk menemukan batu akik zamrud yang berkualitas, Anda harus meneliti tingkat kejernihan, kebeningan serta transparansi dari kristal-kristal yang ada di dalam batu tersebut.

{3.} Serat
Batu zamrud yang berkualitas adalah batu yang memiliki serat sangat halus. Dengan serat yang halus tersebut, maka kristal yang dihasilkan akan lebih bening dan jernih. Efeknya, batu akan mengeluarkan perpaduan, pancaran serta pantulan cahaya yang lebih indah dan maksimal dibandingkan batu yang memiliki serat tebal dan memiliki banyak kotoran berwarna hitam. Batu zamrud yang memiliki serat halus sendiri biasa disebut dengan “serat bulu burung”, “jardin” atau “silk feather”.

{4.} Cahaya (luster)
Seperti yang sebelumnya dibahas, batu zamrud yang berkualitas akan menghasilkan cahaya yang sangat menawan nan indah. Sedangkan untuk mendapatkan cahaya yang seperti itu, butuh poin-poin sebelumnya yang sudah diterapkan. Baik itu secara alami maupun buatan. Biasanya, cara-cara buatan akan menggunakan bahan bernama “hue” berkualitas baik berwarna hijau kekuningan atau kebiruan. Dari eksperimen tersebut, batu-batu zamrud akan menghasilkan cahaya luster yang atraktif dan tajam.

{5.} Potongan
Jika Anda sedang memilih batu zamrud mana yang akan dibeli, maka carilah yang potongannya proporsional, terukur, seimbang dan sesuai dengan tempatnya, entah itu cincin atau kalung. Selain karena lebih terlihat baik, potongan batu zamrud yang benar akan lebih banyak dicari oleh para pedagang batu mulia karena lebih bagus ketika dipasang pada cincin.


Sekian penjelasan kali ini tentang cara mengetahui kualitas batu zamrud yang dapat saya posting untuk anda, semoga berguna dan bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengetahui Kualitas Batu Zamrud