Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Semangka pada jaman dahulu kala sering disebut sebagai tanaman berbunga anggur. Varietas yang hadir dari Afrika Selatan ini memiliki rasa yang manis ketika sudah matang. Buah yang tumbuh subur dengan ukuran yang bermacam-macam ini juga ternyata memiliki banyak sekali kandungan baik bagi kesehatan. Bahkan, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa buah semangka memiliki kandungan nutrisi yang unik. Diantara yang paling bermanfaat adalah komposisi mineral, vitamin dan senyawa organik. Selain itu, terdapat juga kalsium, magnesium, serat, protein, karotenoid, fitonutrien dan likopen. Dengan banyaknya kandungan tersebut membuat buah berdaging merah atau kuning ini kaya akan khasiat. Ingin tahu apa saja manfaat buah semangka untuk kesehatan? Berikut informasinya untuk Anda. 


Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

{1.} Suhu Tubuh
Semangka sangat efektif untuk mengurangi suhu tubuh. Banyak orang yang menggunakan buah ini sebagai pelepas dahaga akibat serangan panas. Bahkan, jika Kita lihat di negara India, semangka banyak dijual setiap harinya pada musim panas.

Dalam buah semangka terdapat kandungan air yang begitu sangat tinggi. Selain itu, kandungan senyawa di dalam buah manis tersebut juga dapat merangsang pelepasan cairan berlebihan dalam bentuk keringat.

{2.} Tekanan Darah Tinggi
Pada buah yang tumbuh subur di Indonesia ini, terdapat kandungan kalium dan magnesium. Kedua kandungan ini memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Kalium dalam ilmu kedokteran berguna sebagai vasolidator (melepas ketegangan pembuluh darah dan arteri), sehingga merangsang percepatan aliran darah dan mengurangi dampak stres pada tata kardiovaskular.

Selain itu, ada pula senyawa karotenoid yang dapat membantu mencegah pengerasan dinding vena dan arteri. Pencegahan ini berakibat pengurangan tekanan darah serta kemungkinan penyakit-penyakit lainnya, seperti stroke, pembekuan darah, serangan jantung dan atherosclerosis.

{3.} Kanker
Semangka saat ini semakin tinggi dilirik oleh konsumen dunia. Bukan karena produksinya yang semakin melimpah, namun karena kandungan likopen dan senyawa phytonutrisi karotenoid-nya yang diteliti dapat mencegah penyakit kanker.

Studi mengenai hal ini terus dilakukan dan mendapatkan hasil yang konsisten. Dimana senyawa likopen terbukti dapat mengurangi berbagai jenis kanker, dari mulai resiko prostat, usus besar, endometrium dan kanker paru-paru. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah semangka ini juga berperan sebagai antioksidan bagi tubuh.

{4.} Diabetes
Bagi Anda penderita diabetes, mungkin merasakan rasa manis adalah sesuatu yang sudah sangat susah. Namun berbeda halnya jika Anda menyukai semangka. Hal ini karena, 99% dari kandungan semangka yang dikonsumsi adalah air dan serat. Tentunya dengan begitu, resiko konsumsi kalori sangatlah sedikit. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral, seperti magnesium dan kalium berperan sebagai insulin dalam tubuh.


Beberapa daftar di atas tentunya belum cukup untuk menggambarkan manfaat buah semangka bagi kesehatan. Masih banyak lagi khasiat yang bisa Kita dapatkan dari mengkonsumsi buah manis ini, diantaranya bahkan sangat kompleks, seperti perawatan jantung, degenerasi makula dan memperbaiki jaringan yang rusak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan