Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Buah Pisang biasa digunakan untuk makanan ringan selepas memakan karbohidrat. Di Indonesia, pisang bukan hanya digunakan sebagai pencuci mulut, namun juga diolah menjadi berbagai makanan, seperti pisang goreng, pisang aromanis dan kue. Rasanya yang manis dan mengenyangkan membuat buah berwarna kuning ini disukai banyak lapisan masyarakat, dari yang muda hingga tua. Selain itu, pisang juga memiliki banyak sekali khasiat bagi tubuh. Ingin tahu apa saja manfaat buah pisang untuk kesehatan? Berikut ulasannya untuk Anda.

manfaat buah pisang

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan
{1.} Kalium
Salah satu kandungan yang ada pada buah pisang adalah mineral kalium. Senyawa ini memiliki banyak fungsi baik bagi tubuh, salah satunya berhubungan dengan jantung yaitu kemampuan kalium untuk mengatur tekanan darah agar tetap dalam keadaan normal.

Hal ini terbukti dari berbagai penelitian yang menyebutkan bahwa makanan kaya kalium (seperti pisang) memiliki efektivitas yang tinggi dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu penelitian tersebut dilakukan di New England Journal of Medicine yang menyarankan mengkonsumsi pisang secara teratur untuk program diet penurunan resiko stroke (hingga 40%).

Selain untuk tekanan darah, kalium pada pisang juga bermanfaat bagi kesehatan tulang dan ginjal. Bahkan, senyawa kalium mampu menekan terjadinya ekskresi kalsium di dalam urine yang dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal.

{2.} Meningkatkan Energi 
Mungkin Kita sering melihat dimana atlet-atlet mengkonsumsi pisang sebelum dan sesudah olahraga. Teranyata hal ini bukan tanpa alasan, karena pasalnya buah pisang adalah sumber energi yang berkualitas baik.

Di dalam pisang terdapat gula alami yang sehat serta larutan serat dan kalium yang dapat memberikan energi secara stabil kepada tubuh. Biasanya buah ini dikonsumsi setengah jam sebelum melakukan olahraga lari atau gym.

Banyak orang takut terhadap kalori yang ada dalam buah pisang Padahal dalam penelitian, buah pisang hanya memiliki 100 kalori dalam satu buahnya. Selain itu, kandungan indeks glikemiknya hanya sekitar 52 dengan karbohidrat sebanyak 24 gram saja. Jadi, buah kuning ini sangat baik untuk orang-orang yang ingin langsing namun tetap kenyang.

{3.} Mengurangi Stres
Buah pisang adalah sumber asam amino triptofan yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, tingkat serotinnya mampu menumbuhkan mood Anda. Membuat stres yang sedang Anda alami menjadi berkurang, serta prospek kebahagiaan meningkat.

{4.} Kesehatan Pencernaan
Pisang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Salah satu khasiat dari serat adalah membantu melancarkan makanan yang masuk ke saluran pencernaan serta meningkatkan proses eliminasi. Dalam beberapa keadaan, pisang lebih baik dikonsumsi dibandingkan obat pencahar atau obat sembelit. Selain itu, pisang juga memiliki kemampuan untuk meringankan gejala-gejala sakit yang terjadi saat maag.


Selain beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan di atas, masih ada banyak lagi manfaat atau khasiat yang bisa Anda dapatkan dari buah kuning nan manis ini. Diantaranya adalah menjaga kesehatan kulit, melawan kanker dan menghilangkan bakteri penyebab bisul.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan