Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Pepaya adalah buah yang memiliki warna kulit cerah orange saat sudah matang. Bentuknya sendiri oval pir dengan rasa yang sangat manis. Pepaya juga adalah buah eksotis dapat mudah ditemui. Hampir setiap harinya buah ini menghiasi sudut-sudut pasar rakyat. Selain itu, di dalam pepaya terdapat dagingnya yang sangat empuk dan nikmat, serta biji-biji hitam berselaput lendir yang jumlahnya cukup banyak. Di luar negeri, buah pepaya sering disebut dengan “fruit of angels”. Ini karena manfaat atau khasiat serta rasanya yang menakjubkan. Ingin tahu apa saja manfaat dari buah pepaya ini? Berikut ulasannya.


Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

{1.} Menurunkan Kolesterol
Di dalam buah manis ini terdapat berbagai nutrisi, termasuk vitamin C, serat dan antioksidan. Dengan ketiga zat ini, Anda yang mengkonsumsi pepaya dapat mencegah kolesterol dengan sangat baik. Selain itu, ekstrak pepaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengurangi lemak jahat dan trigliserida.

{2.} Diet
Seperti dikatakan sebelumnya, pepaya memiliki kandungan yang dapat membantu penggunanya dalam mengurangi berat badan. Prakteknya sendiri cukup sederhana, dimana satu buah pepaya hanya memiliki 120 kalori saja, namun sifatnya yang padat dapat membuat orang yang mengkonsumsinya cepat kenyang. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir kelaparan ketika melakukan program diet.

{3.} Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Sistem imun atau kekebalan tubuh memiliki fungsi sebagai perisai yang menghalangi berbagai infeksi yang dapat membuat tubuh menjadi sakit. Dengan mengkonsumsi buah pepaya, Anda dapat menjaga sistem kekebalan tubuh tetap normal. Hal ini karena kandungan vitamin C dari pepaya yang dapat memenuhi 200 persen kebutuhan harian tubuh.

{4.} Cocok Untuk Penderita Diabetes
Walaupun memiliki rasa yang manis, ternyata buah pepaya hanya memiliki kadar gula yang sangat sedikit. Bayangkan saja, dalam satu irisan cangkir pepaya, hanya ada 8,3 gram gula. Selain itu, kandungan fitonutrien dan vitaminnya dapat mencegah berkembangnya penyakit jantung ketika diabetes.

{5.} Menyehatkan Mata
Kandungan lain yang ada pada buah pepaya adalah vitamin A dan flavnoid (beta-karoten, lutin, cyptoxanthin dan zaexanthin. Beberapa zat tersebut mampu menjaga selaput lendir mata tetap sehat dan terjauh dari kerusakan. Selain itu, vitamin A pada pepaya juga mampu mencegah perkembangan degenerasi makula.

{6.} Melancarkan Pencernaan
Biasanya, masyarakat kota lebih menyukai makanan-makanan junk food yang sangat merusak pencernaan, hingga muncul berbagai penyakit usus. Dengan mengkonsumsi pepaya secara rutin, Anda dapat menjaga dampak-dampak dari makanan sampah tersebut. Hal ini karena kandungan serat dan enzim papain yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Selain beberapa contoh manfaat buah pepaya untuk kesehatan di atas. Anda juga dapat mengkonsumsi buah lezat ini untuk meringankan sakit saat haid, mencegah penuaan dini, mempercepat pertumbuhan rambut dan melindunginya dari kerontokkan, menjaga tubuh dari penyakit arthritis, mencegah kanker serta mengurangi terjadinya penyakit stres.


Itulah beberapa khasiat yang bisa didapatkan dari buah papaya. Selain enak dan nikmat, begitu banyak manfaat buah Pepaya untuk kesehatan dan juga kecantikan. Mulai dari saat rutinlah untuk mengkonsumsi buah pepaya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan