Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan

Selama berabad-abad, buah lemon telah digunakan dan dipercaya sebagai antiseptik. Bahkan, seorang pelaut bernama Laksamana Sir Richard Hawkins pada tahun 1593 menggunakan jus buah kuning tersebut sebagai obat penyakit kudis. Lebih dari itu, ternyata buah asam manis ini memiliki kandungan baik yang melimpah serta khasiat yang sangat kaya. Ingin tahu apa sajakah itu? Berikut manfaat buah lemon untuk kesehatan yang dapat Anda terapkan setiap hari.

manfaat buah lemon

Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan

{1.} Mengembalikan Keseimbangan pH
Tingkat keasaman (pH) dalam tubuh memiliki dampak pada perkembangan kanker dan penyakit lainnya. Oleh sebab itu, perlu bagi tubuh untuk mendapatkan tingkat pH yang normal dan seimbang. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengkonsumsi lemon secara rutin hingga pH dalam tubuh Anda menjadi seimbang, sekitar 7,4 poin.

{2.} Detoksifikasi
Dengan mengkonsumsi jus lemon secara rutin, tubuh Anda akan berangsur-angsur bersih dari racun yang masuk ke jantung. Selain itu, cairan lemon juga berkhasiat untuk membersihkan ginjal dan sistem pencernaan dari berbagai racun.

{3.} Sembelit
Banyak sekali merek obat sembelit dan gangguan pencernaan yang menggunakan bahan baku lemon dan jeruk. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena pasalnya buah lemon mempu menghilangkan bakteri jahat pada saluran pencernaan. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu meminum jus dari ekstrak lemon yang telah dicampur air hangat. Asam pada lemon juga mampu merangsang produksi asam lambung.

{4.} Berat Badan
Buah lemon mengandung khasiat untuk mengurangi perkembangan penyakit diabetes tipe 2. Selain itu, kandungan pektin pada lemon juga ternyata mampu menurunkan berat badan. Anda dapat mengkonsumsi jus lemon secara rutin untuk memperlambat penyerapan gula dalam tubuh.

{5.} Jerawat
Manfaat buah lemon lainnya untuk kesehatan adalah mengusir jerawat dari wajah. Kandungan vitamin C pada buah kuning ini mampu membuat kulit wajah menjadi lebih sehat bersinar. Selain itu, sifat alkali di dalamnya juga dapat membunuh beberapa jenis bakteri pada wajah. Bahkan, campuran jus lemon dengan minyak zaitun dan air juga mampu mengusir eksim dan komedo serta kulit yang kering.

{6.} Asma
Penyakit asma terkadang sangat menyakitkan. Sesak napas pada dada yang terkadang timbul pada waktu yang tidak ditentukan membuat badan menjadi lemas. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mulai mengkonsumsi jus lemon secara rutin. Kandungan vitamin C pada buah lemon mampu melawan masalah pernapasan. Antioksidannya juga mampu meningkatkan sistem imun. Bahkan, Edmund Hillary (orang pertama yang mencapai puncak Gunung Everest) mengatakan bahwa lemon menjadi salah satu sebab keberhasilannya.


Selain beberapa manfaat buah lemon untuk kesehatan di atas, Anda juga bisa mendapatkan berbagai khasiat lainnya pada buah masam tersebut. Misalnya saja untuk mengurangi kegelisahan, sariawan, demam tinggi, perawatan gigi, dingin dan flu, melawan kelelahan, bau mulut, kolesterol tinggi hingga susah tidur. Bahkan, buah lemon juga dipercaya dapat membantu melawan penyakit varises dan osteoporosis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan