Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

Jambu biji adalah buah yang disukai banyak orang. Dengan banyak biji kecil pada pusatnya dan daging yang manis membuat buah ini banyak diolah untuk berbagai keperluan, dari mulai manisan hingga olahan jus. Selain itu, buah yang tumbuh subur di wilayah tropis ini juga memiliki aroma yang khas serta kandungan nutrisi yang sangat melimpah. Untuk mengusik pemikiran Anda mengenai buah lezat ini, berikut ulasan mengenai berbagai manfaat buah jambu biji untuk kesehatan.


Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

{1.} Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Buah jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang sangat besar. Bahkan, mengkonsumsi 1 buahnya dapat memenuhi 2x kebutuhan vitamin C harian tubuh. Selain itu, vitamin yang ada pada jambu biji tersebut juga memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai infeksi, termasuk infeksi patogen.

Selain vitamin, kekebalan tubuh yang meningkat akibat mengkonsumsi jambu juga tidak lepas dari peran anti-inflamasi serta penghambatan molekul inflamasi, seperti prostaglandin.

{2.} Mengurangi Resiko Kanker
Dalam banyak penelitian, kandungan quercitin, lycopene, vitamin C dan berbagai jenis polifenol memiliki kaitan yang besar sebagai anti kanker dan anti tumor. Prosesnya sendiri cukup sederhana, dimana berbagai senyawa tersebut berfungsi sebagai antioksidan sangat kuat untuk menetralisir dampak radikal bebas yang biasa memicu terjadinya kanker.

{3.} Baik Untuk Diabetes
Dalam pengobatan di China, buah jambu biji dipercaya sebagai bahan utama yang ampuh untuk menyembuhkan diabetes. Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan sebuah studi dimana jus jambu biji secara signifikan mampu mengurangi kadar gula pada penderita diabetes.

Di dalam jambu biji terdapat kandungan insulin, indeks glikemik yang rendah serta serat yang sangat banyak. Ketiga kandungan inilah yang dipercaya sangat baik untuk menyembuhkan penyakit diabetes.

{4.} Sebagai Anti Penuaan
Kadar vitamin A dan C pada buah yang memiliki rasa manis ini mampu melawan radikal bebas penyebab penuaan. Selain itu, kandungan antioksidan, seperti lycopen yang ada pada jambu biji juga berperan aktif untuk melindungi kulit dari gejala-gejala penuaan, seperti garis-garis halus dan keriput.

{5.} Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Jantung
Dalam sebuah studi yang dilansir oleh Journal of Human Hypertension disebutkan bahwa diet dengan mengkonsumsi jambu biji mampu meningkatkan kadar natrium atau kalium dalam tubuh yang berdampak pada keseimbangan tekanan darah, termasuk pada para penderita hipertensi.

Buah yang biasa diolah menjadi jus ini juga berkhasiat untuk menurunkan kadar trigliserida serta kolesterol jahat yang pada umumnya menjadi salahsatu penyebab terjadinya penyakit pada jantung.


Selain 5 manfaat buah jambu biji untuk kesehatan di atas, Anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat lainnya dari mengkonsumsi buah tropis ini. Diantaranya adalah meningkatkan dan menjaga kesehatan mata, berperan baik bagi ibu hamil, melawan stres dan menyembuhkan sakit gigi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan