Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Alpukat adalah buah yang memiliki daging berserat halus. Rasanya tidak terlalu manis namun lembut ketika sampai di mulut. Selain itu, buah ini juga dapat diolah dengan berbagai macam makanan, bahkan hanya dengan susu atau gula pun, buah ini tetap nikmat untuk disajikan. Namun lebih dari itu, alpukat memiliki banyak sekali manfaat dan kandungan yang baik.

Kandungan Buah Alpukat untuk Kesehatan
Buah alpukat kaya akan kandungan baik, terhitung sedikitnya ada 25 nutrisi penting yang ada pada buah lezat ini, diantaranya adalah vitamin A, B, C, E, K, fosfor, magnesium, besi, tembaga serta kalsium. Bukan hanya itu, alpukat juga mengandung protein, serat dan phytochemical, seperti glutathione, lutein dan beta-sitosterol. Dari banyaknya kandungan tersebut, membuat buah alpukat memiliki banyak manfaat, bahkan diantaranya berhubungan dengan cacat lahir dan jantung.


Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

{1.} Menjaga Kesehatan Jantung 
Alpukat memiliki kandungan glutathione, lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang dapat membantu tubuh menjaga kesehatan jantung. Selain itu, terdapat kandungan asam folat dan vitamin B6 yang berfungsi untuk mengatur kadar homocysteine yang berhubungan dengan resiko penyakit jantung.

{2.} Menurunkan Kadar Kolesterol 
Mengkonsumsi alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Hal ini karena senyawa beta-sitosterol yang terkandung di dalamnya. Selain itu, penelitian menyebutkan bahwa diet dengan alpukat oleh penderita hiperkolesterolemia ringan dapat mengurangi kadar kolesterolnya hingga sebesar 17 persen hanya dalam waktu 1 minggu.

{3.} Meningkatkan Kesehatan Mata 
Dengan kandungan lutein karotenoid, alpukat dapat menjaga mata tetap sehat, melindungi degenerasi makula dan katarak.

{4.} Mencegah Cacat Lahir 
Beberapa cacat lahir, seperti spina bifida dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi alpukat secara rutin. Hal ini karena kandungan baik berupa folat dan vitamin b yang dikenal sebagai asam folat. Ketika seseorang rutin mengkonsumsi 1 cangkir alpukat setiap harinya, maka Ia sudah mendapatkan 23% nilai harian yang dibutuhkan tubuh terhadap folat.

{5.} Mengurangi Resiko Stroke 
Sama seperti poin nomer 4, kandungan folat pada buah lezat ini juga dapat berfungsi untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit stroke. Hal tersebut ditunjukkan pada sebuah studi, dimana orang yang diet dengan mengkonsumsi makanan kaya folat lebih rendah resiko terkena stroke dibandingkan dengan yang tidak.

{6.} Merawat Kulit dan Mencegah Gejala Penuaan
Buah alpukat kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan. Buah yang banyak dijadikan jus ini juga memiliki senyawa glutathione yang dapat meningkatkan sistem imun dan mendorong sistem saraf tetap sehat.


Selain beberapa khasiat di atas, masih banyak lagi manfaat buah alpukat bagi kesehatan. Diantaranya bahkan begitu efektif dan dipercaya sejak lama, seperti untuk menaikkan berat badan karena kandungan kalorinya, meningkatkan penyerapan nutrisi, menyembuhkan bau mulut tidak sedap dan melawan radikal bebas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan