Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mengetahui Ciri Ciri Batu Bacan Muda

Batu akik adalah salah satu batu mulia yang kini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Tidak sedikit orang yang berani menggelontorkan banyak dana hanya untuk membeli sebuat cincin bermata akik. Bahkan, ada saja orang yang membeli mentahan batu akik dengan harga ratusan hingga milyaran rupiah. Tentu hal tersebut menjadi sesuatu yang luar biasa bagi seorang pebisnis, karena batu akik ini dapat dijadikan lahan mencari uang yang melimpah.


Salah satu batu akik yang sangat banyak disukai adalah jenis bacan. Batu bacan sendiri memiliki jenisnya lagi, antara lain batu bacan doko dan batu bacan palamea. Namun, karena sulitnya untuk mencari kedua jenis batu ini, banyak pedagang yang melakukan kecurangan dengan menjual batu bacan tidak berkualitas atau biasanya menjual batu bacan yang masih muda. Oleh karna itu, agar menghindari penipuan, Anda harus terlebih dulu mengetahui ciri ciri batu bacan muda.

Ciri-ciri Batu Bacan Muda

{1.} Pedagang para yang nakal biasanya dapat mengelabui konsumen dengan cara memasukkan batu bacan yang masih muda ke dalam tempat yang berisi air. Hal tersebut biasanya digunakan untuk menyamarkan keadaan dari batu bacan tersebut. Padahal semestinya, pedagang yang baik dan jujur akan menjual dan menjejerkan batu-batu dagangannya dalam keadaan kering.

{2.} Perbedaan antara batu bacan yang sudah tua dan yang masih muda bisa terletak pada warnanya. Jika dengan melihat secara teliti, maka batu bacan yang tua memiliki warna lebih muda, lebih halus serta tidak pekat.

{3.} Perbedaan lainnya yang dapat diukur secara sekilas adalah berat. Batu bacan sendiri muda mempunyai kandungan yang tidak padat, dan cenderung berongga sehingga beratnya akan lebih ringan jika dibandingkan dengan batu bacan yang tua.

{4.} Biasanya, ciri ciri batu bacan muda adanya bercak hitam pada intinya, dan semakin tua, bercak-bercak hitam tersebut akan menghilang sedikit demi sedikit. Terlebih lagi jika perawatan serta treatmentnya berlangsung dengan konsisten.

{5.} Jika pedagang mengatakan bahwa batu bacan tua memiliki ciri-ciri tembus pandang jika disorot oleh cahaya, maka jangan langsung percaya. Hal tersebut karena, batu bacan muda yang berkapur pun tetap dapat tembus cahaya. Namun tetap saja ada perbedaannya, misalkannya saja warna dari pantulan yang lebih gelap dan sorotannya yang berbeda.

{6.} Jangan lupa untuk lebih meneliti batu sedetail mungkin, karna biasanya batu bacan yang muda akan lebih rentan terhadap kerusakan, crack, retak rambut, berkapur, berongga, dan permukaan (kulit) yang lebih tebal serta ada juga yang mengandung lumpur kering berwarna coklat.

{7.} Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan eksperimen. Jika para pedagang batu tidak menjajakan dagangannya dalam botol air, maka cobalah untuk masukan batu tersebut dalam air. Biasanya, batu bacan yang muda mempunyai rongga yang terbilang agak banyak sehingga waktu dicelupkan ke dalam air akan keluar gelembung gas.

{8.} Hal terakhir wajib diperhatikan adalah jangan langsung percaya begitu saja pada pedagang meskipun barang dagangannya ramai dikunjungi dan dibeli orang-orang. Karena di jaman sekarang, pembeli kebanyakan tidak peduli mengenai batu bacan seperti apa yang dijajakan.


Demikianlah postingan mengenai cara mengetahui ciri ciri batu bacan muda yang bisa saya pesembahkan untuk anda semuanya, khususnya untuk para peggemar batu akik dimana saja berada. Smoga bermafaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengetahui Ciri Ciri Batu Bacan Muda