Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Merubah Warna Batu Bacan Menjadi Hijau Kristal

Begitu banyak orang yang sangat suka dengan batu bacan karena mempunyai warna yang begitu eksotis. Apalagi batu bacan yang sudah dirawat dalam jangka waktu yang sudah lama sehingga akan berubah warna jadi hijau kristal. Selain itu, batu bacan seperti bacan Palamea, Gulau, Obi dan Doko memiliki keunikan tersendiri. Mulai dari serat-seratnya yang indah meliuk-liuk, hingga pantulan yang dihasilkan dari sorotan cahaya.

Mengoleksi batu bacan adalah sesuatu yang mengasyikkan, banyak kendala dan persiapan yang sudah harus dimiliki oleh sang kolektor atau gemslover. Misalnya saja dalam perawatan, penyimpanan dan proses merubah warna menjadi warna aslinya. Salah satu dari ketiga hal tersebut yang cukup sulit dan rumit adalah bagaimana cara merubah warna batu bacan menjadi hijau kristal.


Hal tersebut karena, batu bacan yang masih berwarna hitam kurang menarik untuk dipandang. Berbeda halnya dengan batu bacan yang sudah dipoles dan dirawat sehingga menjadi batu bacan hijau kristal. Oleh karena itu, sebagai ilmu penting para pecinta batu, berikut cara merubah batu bacan menjadi berwarna hijau kristal.

Cara Merubah Warna Batu Bacan Menjadi Hijau Kristal

{1.} Tahap awal dalam proses pewarnaan adalah dengan cara merendam batu bacan hitam yang airnya sudah didiamkan selama 2 hingga 3 hari. Proses ini dimaksudkan untuk melebur mineral, zat kimia serta minyak yang terkandung di dalam batu tersebut.

{2.} Selanjutnya, Anda dapat mengangkat dan mengeringkannya dengan tisue atau handuk. Namun pastikan handuk dan tisue tersebut berbahan halus agar tidak melukai batu.

{3.} Agar batu bacan tersebut semakin mengkilap dan terhapus zat-zat hasil rendaman, Anda dapat menggosoknya dengan bahan kulit. Lakukan berulang-ulang hal tersebut sampai 3 hari hingga yakin tidak ada lagi zat-zat yang berada dipermukaan batu.

{4.} Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan warna batu bacan menjadi hijau kristal adalah dengan cara dipanaskan. Anda bisa menggunakan pemanas seperti penanak nasi, hair dryer atau uap strika. Usahakan suhu maksimalnya hingga 80 derajat saja. Namun Anda harus mengetahui bahwa batu bacan hitam yang akan dipanaskan harus dalam keadaan kering agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merusak atau meretakkan batu.

{5.} Setelah dipanaskan, Anda dapat merendamnya di dalam air. Jika berhasil, biasanya akan ada mineral-mineral yang terlepas dan mengapung di permukaan air. Setelah itu gosok kembali seperti cara-cara sebelumnya.

{6.} Jika batu bacan tersebut sudah mulai menampakkan warna kristalnya, maka Anda tidak perlu lagi menggunakan pemanas buatan seperti tahap no.4. Anda hanya perlu menjemurnya di sinar matahari pada pagi hari dengan waktu kurang lebih 30 hingga 60 menit saja.


Selain cara di atas, masih ada cara merubah warna batu bacan menjadi hijau kristal yang lain. Misalnya saja dengan mengoleskan minyak bayi, minyak kelapa ataupun minyak zaitun. Selain untuk menampakkan kristal hijaunya, cara ini juga dapat membuat batu bacan lebih mengkilat dan keras.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merubah Warna Batu Bacan Menjadi Hijau Kristal