Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mudah Merawat Tas Kulit Dengan Mudah

Tas kulit memiliki keindahan tersendiri serta estetika yang jauh lebih tinggi dibandingkan tas-tas berbahan lain. Hal tersebutlah yang menyebabkan tas jenis ini memiliki harga yang tinggi, bahkan hanya dapat dibeli oleh kalangan sosialita saja. Selain itu, tas kulit juga memiliki perawatan tersendiri yang lebih khusus. Ini karena, tas kulit bertekstur berbeda. Makhluk hidup pernah ada di dalamnya dan kandungan dari bahan kain tersebut dulunya bukan benda mati. Oleh karena itu, jika Anda adalah salah satu orang yang memiliki tas jenis ini, tidak ada salahnya mengetahui beberapa cara mudah merawat tas kulit.


Cara Mudah Merawat Tas Kulit

{1.} Menjaga Tas dari Kekeringan
Beberapa tas memiliki sisi eksotisme. Biasanya pola khusus tersebut terdapat di bagian tubuh tas yang utama, misalnya pada detail gagang dan hiasan. Anda dapat melihat contohnya pada tas merek Givenchy yang menggunakan bahan kulit buaya antigona.

Tas-tas seperti itu biasanya tidak dilapisi oleh pelindung, sehingga memungkinkannya sensitif terhadap minyak dan biasanya memiliki kadar air yang begitu sangat rendah. Hal ini menyebabkan tas kulit mudah terkena noda minyak yang biasanya berasal dari keringat tangan si pemakai. Semakin lama terkena minyak, maka akan muncul retakkan-retakkan pada permukaan kulit.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda dapat menggunakan HD Transparant Coating sebagai pelindung serta melakukan pelembapan bulanan oleh profesional. Namun jika Anda ingin melakukan perawatan sendiri, Anda dapat menggunakan bahan pembersih dan tisu yang cocok untuk kulit. Selain itu, jauhkan tas dari sinar matahari langsung.

{2.} Mencegah Warna yang Luntur
Ada satu jenis tas kulit yang bernama kulit saffiano. Bahan tersebut dibuat oleh Mario Prada dan biasanya diterapkan oleh tas-tas berjenis formal, seperti Tote Bags dan Cuir Leather Briefcase.

Salah satu ciri dari tas tersebut adalah pada puncaknya atau ujungnya terdapat cembungan. Cembungan itulah yang biasanya memiliki warna yang cepat luntur. Membuatnya seperti kain dengan warna kurang berkualitas.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan pelindung HD khusus sebagai pelindung dari cahaya matahari. Selain itu, jangan coba-coba untuk menggosoknya, karena hanya dapat menyebabkan keausan (tear). Perlakuan yang paling tepat adalah menyewa profesional untuk menanganinya.

{3.} Hati-hati Pakaian yang Anda Kenakan
Jika tas kulit Anda sering bersentuhan dengan celana jeans berwarna gelap, maka ada kemungkinan warna dari celana tersebut tertransfer ke permukaan tas. Hal ini menyebabkan tas menjadi rentan retak dan warna asli menjadi buram.

Untuk mengatasinya, jauhkan tas dari gesekkan pakaian berwarna tua yang cenderung lembab, terutama pada jenis-jenis celana yang halus. Selain itu, Anda dapat mencuci bagian yang terkena gesekkan dengan sedikit garam.


Selain ketiga cara mudah merawat tas kulit di atas, masih ada beberapa cara lagi yang dapat Anda lakukan. Diantaranya adalah menjaga bagian luar dan dalam tas dari cairan-cairan yang dapat menimbulkan noda. Seperti cairan pencuci tangan, makeup yang mudah tumpah dan sejenisnya. Selain itu, jika tas kulit Anda berbahan dasar domba, maka pastikan sebelum memegangnya tangan Anda benar-benar bersih. Hal ini agar tas tidak mudah kusam dan bernoda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Merawat Tas Kulit Dengan Mudah