Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mudah Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi

Gigi adalah salah satu organ penting yang ada pada manusia. Oleh sebab itu, merawat dan menjaga kesehatan gigi adalah hal yang wajib. Jangan sampai, hanya karena malas, gigi kita menjadi tidak terawat sehingga bermunculanlah berbagai penyakit, seperti gigi berlubang, gusi bengkak dan lain sebagainya. Untuk menghindari semua kemungkinan terburuk tersebut, anda dapat melakukan beberapa cara menjaga kesehatan gigi dengan mudah di bawah ini.


Cara Mudah Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi

{1.} Menjaga Gigi Tetap Putih dan Bersih
Banyak sekali makanan dan minuman yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan intensif dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Diantaranya yang banyak beredar saat ini adalah rokok, anggur merah, cola, gula dan berbagai manisan. Selain dapat merusak, makanan atau minuman tersebut juga dapat mempengaruhi warna gigi serta membantu bakteri berkembang dan menggerogoti gusi, gigi dan mulut secara keseluruhan.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat melakukan cara merawat gigi tetap bersih dan putih. Diantaranya adalah dengan rajin menggosok gigi setelah makan, serta menghindari makanan dan minuman dengan zat warna yang pekat. Selain itu, mengkonsumsi buah, seperti apel, jeruk dan pepaya sebagai pencuci mulut setelah makan juga dapat dijadikan  pilihan yang sangat tepat.

{2.} Waktu Menyikat Gigi
Ternyata, menyikat gigi memiliki waktu idealnya sendiri, yaitu sekitar 2 menit. Hal tersebut berhubungan dengan lamanya sikat dan pasta gigi menumpas semua plak dan bakteri yang melekat. Hal tersebut juga dikemukakan oleh para peneliti dan ahli mulut. Bahkan, mereka menyarankan untuk menyiapkan alarm atau stopwatch ketika sedang sikat gigi.

{3.} Menyikat Gigi Dengan Cara yang Benar
Terlalu keras ketika menyikat gigi tidak akan membuat gigi anda bersih. Namun sebaliknya, menyikat secara lembut dengan gerakan melingkar sangat efektif untuk menghilangkan plak dan bakteri yang menumpuk. Selain itu, anda juga dapat menempatkan sikat gigi pada sudut 45 derajat diantara gusi dan memegang gagang sikat gigi seperti sedang memegang pensil agar tidak terlalu banyak tekanan.

{4.} Mengkonsumsi Teh Setiap Hari
Teh dipercaya sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain itu, kandungan flavonoid dan fluoride pada teh juga mampu menghilangkan dan mencegah bakteri yang berbahaya bagi gigi. Bahkan, mengkonsumsi teh setiap hari juga dapat menghilangkan karang gigi.

{5.} Rajin Mengganti Sikat Gigi
Setidaknya anda harus mengganti sikat gigi sekitar dua hingga tiga bulan sekali. Hal tersebut untuk mencegah hadirnya bakteri pada sikat yang dapat berpindah ke gigi dan juga menghindari terlukanya gusi akibat bulu sikat yang rusak. Selain itu, belilah sikat gigi yang berbentuk melengkung, sehingga memudahkan anda membersihkan sela-sela terdalam.


Selain 5 tips dan cara menjaga kesehatan gigi dengan mudah di atas, anda juga dapat menjaga gigi dari berbagai penyakit dengan cara rajin membersihkan lidah. Selain itu, menghindari makanan dan minuman manis yang mengandung banyak gula serta mengkonsumsi air putih secara teratur adalah hal penting lainnya yang harus anda perhatikan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi