Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Menjaga Batu Akik Agar Tetap Indah Menawan

Anda punya batu akik..? Jika anda punya, maka hal yang pertama wajib diperhatikan adalah cara merawat batu tersebut dan juga menjaga batu akik anda agar tetap terlihat indah serta menawan. Tidak sedikit dari sekian banyak masyarakat yang selalu mengidam-idamkan mempunyai salah satu dari sekian banyak jenis batu akik, akan tetapi ketika sudah memilikinya banyak yang tidak tahu cara menjaga batu akik tersebut. Walhasil, batu akik jadi tidak terawat bahkan sampai hancur sehingga sudah tidak berharga lagi. maka itu, sebelum membeli batu akik atau bahkan anda mempunyai keinginan menjadi kolektor batu dan gemslovers, terlebih dahulu anda harus mengetahui bagaimana cara menjaga batu akik serta terhindar dari kerusakan yang berakibat fatal pada batu.


Cara Menjaga Batu Akik Tetap Indah

{1.} Rajinlah Selalu Membersihkan Batu 
Batu akik yang sering  anda pakai akan terlihat berdebu, kotor dan bahkan cenderung berminyak. Oleh sebab itu, berusahalah untuk selalu konsisten membersihkannya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya saja dengan mencuci batu akik tersebut dengan air sabun dan menggosoknya dengan cara gerakan lembut supaya tidak membuat batu akik tergores. Selain dari pada itu, batu akik juga bisa di bersihkan dengan menggunakan air hangat lalu dikeringkan dengan menggunakan kain handuk yang berbahan lembut. Jika perlu, Anda juga dapat menyuruh orang yang sudah ahli untuk melakukannya secara berkala.

{2.} Jangan Dipakai Ketika Sedang Tidur
Dengan cara melepaskan batu cincin atau kalung yang bermata batu akik, Anda akan dapat menjaga batu tersebut dari segala benturan, gesekan atau hanya sekedar sentuhan dari benda keras disaat anda sedang tidur yang mungkin saja tanpa anda sadari. Bahkan jika posisi tidur tidak baik, hal itu akan dapat membuat batu akik mudah gores bahkan bisa retak.

{3.} Simpan di Tempat yang Paling Aman
Sewaktu anda sedang melakukan kegiatan yang tidak biasa, misalnya berolahraga, bermain dengan bahan kimia, membersihkan rumah, kendaraan ataupun sekedar bermain di taman, usahakanlah untuk tidak menggunakan atau membawa batu akik. Hal tersebut agar menjaga batu dari kerusakan atau terlepas (menghilang). Selain itu, keringat yang dihasilkan dari aktivitas lalu terkena pada batu akik dapat membuat bahan kimia dari keringat tersebut merubah dan merusak kemilau warna akik.

{4.} Hindari Bahan-bahan Kosmetik
Ketika Anda sedang berdandan, menggunakan minyak wangi, lipstik, hairspray atau barang-barang kosmetik lainnya, maka usahakanlah untuk tidak memakai batu akik. Selain itu, jangan menyimpan batu akik bersamaan dengan kosmetik karena bahan kimia dari kosmetik dapat merusak warna serta keadaan fisik dari batu. Bahkan, beberapa bahan kimia dari kosmetik dapat mempengaruhi pancaran sinar yang dihasilkan dari batu, selain itu ada juga bahan kimia yang mempengaruhi permukaan batu, sehingga batu tampak lebih kusam.

{5.} Bawa Batu Akik Kepada Tukang Poles
Walaupun Anda mampu, namun cobalah sekali dua kali untuk membawa batu-batu akik milik Anda ke tempat tukang poles. Selain karena Mereka adalah ahlinya, peralatan yang Mereka punya pun biasanya lebih banyak dan komplit. Selain itu, Mereka lebih jeli dalam masalah membersihkan kotoran dan meningkatkan serta menjaga keindahan akik. Selain itu, biasanya Mereka memiliki teknik sendiri dalam memoles dan melakukan treatment.


Demikian ulasan tentang cara menjaga batu akik tetap indah. Jangan pernah bosan untuk selalu mejaga keindah batu akik yang anda miliki supaya tetap terlihat menawan dan melingkar indah dijari anda. Salam  Gemslovers

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menjaga Batu Akik Agar Tetap Indah Menawan