Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Meningkatkan Kecepatan Smartphone Android

Saat ini, sistem operasi Android menjadi ujung tombak kehidupan smartphone dunia bersamaan dengan tumbuh pesatnya OS lain, seperti Windows dan iOS. Tidak ada yang menyangka sebelumnya bahwa Android dapat diterima secara terbuka oleh semua lapisan masyarakat dengan antusias yang luar biasa. Namun begitu, kehadiran OS tersebut tidak serta merta sempurna. Banyak sekali ponsel-ponsel, baik itu low hingga high-end yang memiliki masalah dalam hal kecepatan performa mereka. Tentunya hal tersebut menghambat kinerja dari Android. Oleh karena itu, sebelum smartphone Anda menjadi lamban, cobalah melakukan beberapa tips meningkatkan kecepatan android di bawah ini.


Cara Meningkatkan Kecepatan Smartphone Android

{1.} Update Firmware
Biasanya, lambannya performa dari smartphone Android Anda karena Anda jarang sekali meng-update atau memperbaharui firmware. Padahal, perangkat tersebut mampu untuk menanggulangi isu-isu bug yang ada pada versi sebelumnya. Selain itu, memperbaharui firmware dapat menjamin kinerja handset tetap optimal.

{2.} Install Ulang
Dengan melakukan install ulang pada perangkat smartphone Android, Anda dapat membuat perangkat tersebut kembali menjadi seperti semula. Kondisi awal dapat membuat performa dari software dan mesin menjadi pulih dan stabil. Namun begitu, perlu diingat bahwa informasi yang tersimpan pada handset Anda juga akan terhapus. Oleh karenanya, sebelum melakukan install ulang, lakukanlah backup pada daftar kontak, memo dan informasi penting lainnya, seperti password dan akun media sosial.

{3.} Periksa Memori Internal
Ruang penyimpanan yang kecil dapat menjadi alasan mengapa smartphone Android Anda menjalan lamban. Oleh karena itu, cobalah periksa seberapa besar memori internal yang tersisa. Jika terkuras habis, cobalah untuk memindahkan file-file media ke memori eksternal, misalnya microSD. Biasanya, file-file yang dimaksud adalah foto, mp3 dan video.

{4.} Gunakan Antivirus
Selain memori yang penuh, salah satu yang mempengaruhi kecepatan smartphone Android adalah virus. Virus yang ada pada ponsel Anda bisa menjadi faktor utama rusaknya performa. Oleh karenanya, sebelum semuanya terjadi, cobalah mencari aplikasi antivirus di Google Play Store. Carilah yang berukuran ringan namun memiliki review yang baik.

{5.} Hapus Aplikasi
Untuk mengurangi beban memori, cobalah untuk memilah aplikasi mana yang Anda perlukan dan sudah tidak diperlukan. Jika dirasa tidak terlalu penting, maka hapuslah. Selain itu, perhatikan juga aplikasi game yang Anda install, apakah benar-benar menghibur atau hanya dipakai sekali waktu saja.


Selain ke-5 cara meningkatkan kecepatan android di atas, masih ada banyak lagi alternatif-alternatif lain yang dapat Anda lakukan. Diantaranya adalah rajin membersihkan cache, memindahkan semua file aplikasi ke microSD, menggunakan start up manager untuk mengatur aplikasi yang ada serta melakukan rooting pada perangkat. Banyak orang yang menyarankan untuk melakukan Root agar pengguna mendapatkan akses lebih dalam pengaturan handset. Namun begitu, perlu diperhatikan juga beberapa dampak negatif yang dapat terjadi setelah melakukan rooting.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Meningkatkan Kecepatan Smartphone Android