Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mengkilapkan Batu Akik Dengan Mudah dan Cepat

Batu akik adalah batu mulia yang memiliki ciri khas yang sangat mempesona. Banyak kolektor yang rela menggelontorkan banyak rupiah hanya untuk memiliki satu buah batu akik. Selain itu, batu alam ini juga memiliki banyak sekali jenis dan di Indonesia batu akik sangat populer serta dihargai cukup tinggi. Bahkan saat ini banyak yang setiap harinya bergulat untuk menghaluskan dan mengkilapkan batu-batu mereka. Oleh sebab itu, jika anda adalah salah satu kolektor dan penggemar batu akik atau memiliki beberapa diantaranya, cara mengkilapkan batu akik di bawah ini mungkin akan sangat dibutuhkan.


Cara Mengkilapkan Batu Akik Dengan Mudah

{1.} Daun Bambu Hitam atau Wulung
Ada banyak cara membuat batu akik menjadi lebih mengkilap dan halus. Salah satunya adalah dengan menggosoknya menggunakan daun dari bambu wulung. Biasanya bambu jenis ini tumbuh liar di pedesaan dekat persawahan. Anda bisa mencari daun yang masih basah atau lembab, setelah itu menerapkannya dengan cara digosokkan secara langsung ke permukaan, hingga batu akik terlihat mengkilap.

{2.} Daun Pisang Raja
Sama seperti daun bambu hitam, daun dari tanaman pisang raja juga dapat dijadikan mengkilapkan batu akik. Anda bisa mencari daun pisang raja yang sudah tua dan kering, namun tidak retak dan masih melebar. Selanjutnya anda bisa langsung menggosokkannya ke batu akik milik anda. Selain bisa mengkilapkan, daun pisang raja juga bisa menjadi treatment untuk banyak jenis batu mulia. Namun begitu, daun yang digunakan tidak boleh terlalu keras. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mendinginkannya terlebih dahulu agar keadaannya lebih lembab.

{3.} Kain Halus
Bukan hanya bahan-bahan dari alam, cara mengkilapkan batu akik juga bisa menggunakan kain woll yang tebal dan halus untuk membuat batu akik semakin mengkilap. Caranya tidak terlalu sulit, anda hanya perlu terlebih dahulu mencari kainnya, biasanya kain jenis ini digunakan untuk membuat celana dan baju. Setelah itu, gunakan kain tersebut untuk menggosokkannya secara perlahan ke permukaan akik.

{4.} Kulit
Gunakan kulit dari bahan baku ikat pinggang ataupun tas untuk membuat batu akik lebih terang dan mengkilap. Cara penggunaannya cukup mudah, anda hanya perlu menggosokkan kulit tersebut ke permukaan akik secara perlahan dan menyeluruh. Lakukan cara ini hingga batu dirasa benar-benar sudah mengkilap.

{5.} Kulit Bambu
Cara yang terbukti dapat membuat batu akik lebih indah adalah penggosokkan batu dengan media bambu. Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan eksperimen ini, diantaranya adalah batu yang akan digosok, bambu dengan ukuran kurang lebih seperti mancis, handuk atau tisu halus dan air.
  • Pertama-tama, siapkan bambu yang sudah dipotong sedemikian rupa sehingga ukurannya seperti mancis, tidak terlalu besar dan mudah digenggam. Setelah itu, cuci bambu hingga bersih, jangan sampai bulu-bulu atau merang yang ada pada tubuh bambu masih tersisa. Hal tersebut agar memperkecil kemungkinan batu akik terkena goresan yang mungkin saja dapat menyebabkan retak atau cacat. 
  • Setelah dibersihkan dengan air, jemur bambu hingga benar-benar kering. Anda dapat menjemurnya di bawah terik matahari. 
  • Setelah benar-benar kering, berarti bambu sudah dapat digunakan untuk menggosok batu akik. Selanjutnya siapkan batu akik yang akan digosok, setelah itu gosok bagian permukaan batu akik dengan bambu secara perlahan. Perhatikan bahwasanya batu yang digosok secara cepat dan keras memiliki kemungkinan untuk crack (retak) rambut. 
  • Selain itu, perhatikan juga untuk menggerakkan bambu secara searah, bukan maju mundur. Hal tersebut agar hasil dari penggosokan akan lebih baik serta sisa-sisa kotoran tidak akan kembali lagi. 
  • Gunakan cara mengkilapkan batu akik dengan bambu ini secara konsisten kurang lebih sebulan sekali. Anda juga dapat melakukannya seminggu sekali untuk hasil yang lebih maksimal. Namun jangan lebih sering dari pada itu, karena dapat membuat batu akik lebih rentan rusak.


Kesimpulan
Lima cara mengkilapkan batu akik di atas banyak digunakan oleh para penghobi gemstone, baik di dalam maupun luar negeri. Mereka yang ahli menganggap bahwa cara-cara tradisional adalah teknik treatment yang paling aman, efisien dan jitu untuk membuat batu mulia menjadi lebih indah dan mempesona, termasuk juga berbagai jenis batu akik. Namun begitu, cara-cara di atas tidak akan bisa berhasil jika tidak dilakukan secara konsisten.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengkilapkan Batu Akik Dengan Mudah dan Cepat