Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Menggunakan Jas yang Baik dan Benar

Jas biasanya digunakan saat acara-acara khusus, baik formal maupun semi formal. Misalnya saja acara reuni, pernikahan, wawancara kerja ataupun saat sedang rapat. Jas juga dibuat khusus untuk pria, memperlihatkan kelaki-lakian dan wibawa. Hal tersebut yang membuat para wanita tidak pantas memakainya. Sejauh ini, perkembangan jas sudah sangat pesat dengan jenis yang sangat beragam. Namun begitu, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang masih awam mengenai pakaian yang satu ini. Oleh sebab itu, jika Anda adalah salah satu yang masih kebingungan, beberapa cara menggunakan jas yang baik di bawah ini mungkin dapat membantu.


Cara Menggunakan Jas yang Baik dan Benar

{1.} Setelan yang Cocok
Ketika memilih, jas Anda harus benar-benar terlihat serasi dengan kemeja dan celana pantolan ataupun jeans yang digunakan. Selain itu, tubuh Anda pun harus tetap nyaman saat bergerak.

Untuk memastikan kerah tetap stabil dan nyaman, Anda bisa mencoba memasukkan 1 jari ke dalam kemeja diantara leher. Jika masih longgar, maka aman untuk digunakan. Selain itu, lengan kemeja yang Anda gunakan juga harus tepat pada bagian pergelangan ketika lengan diregangkan atau diluruskan.

{2.} Pilih Warna yang Tepat
Warna pada jas bisa jadi masalah yang fatal. Warna yang paling aman adalah hitam, namun terkadang butuh campuran lain agar tidak terlihat bosan. Yang terpenting jaga warna tetap pada koridor yang benar dan sedana dengan kemeja yang digunakan.

Anda dapat menggunakan jas berwarna biru tua dengan kemeja berwarna putih dan dasi hitam pekat. Jika Anda menggunakan kemeja hitam, Anda bisa memberanikan diri untuk memakai jas putih dengan dasi dan celana putih pula.

{3.} Antara Jas dan Sepatu
Jas dan sepatu tidak bisa dipisahkan. Jika Anda ingin menggunakan jas yang baik dan benar, maka Anda juga harus menggunakan sepatu yang senada. Cara paling aman adalah dengan menyamakan warna sepatu dengan jas ataupun celana.

{4.} Bahan Jas
Tidak bisa dipungkiri, bahan yang diterapkan pada jas dapat meningkatkan rasa percaya diri dan nilai Anda dimata orang banyak. Oleh sebab itu, pilihlah bahan yang nyaman digunakan. Tidak terlalu lembut tak mengapa, namun jangan terlalu kasar. Untuk pemuda, jas berbulu kurang tepat, karena dapat membuat pemakainya terlihat lebih tua.

{5.} Jangan Lupakan Aksesoris
Diantara aksesoris yang akan terlihat ketika Anda menggunakan jas adalah dasi, kancing, ikat pinggang, jam tangan, kalung dan cincin. Jika Anda memilih tuksedo hitam, gunakanlah dasi perak atau dasi hitam untuk pilihan ultra-formal. Selain itu, untuk menguatkan dan menegaskan celana yang Anda pakai, gunakan ikat pinggang yang kuat berwarna hitam. Sejauh ini, ikat pinggang hitam adalah pilihan yang paling aman.

Untuk masalah jam tangan dan cincin, Anda dapat menggunakannya sesuai kebutuhan dan umur. Jika Anda sudah berusia lanjut, maka jam tangan antik dengan sedikit sentuhan perak bisa menjadi pilihan. Namun jika Anda adalah seorang pemuda di bawah 20 tahun, jas hitam dengan tambahan jam tangan sport adalah sesuatu yang wajib.


Selain beberapa tips menggunakan jas yangbenar di atas, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal lain ketika menggunakan jas. Diantaranya adalah warna kancing, pola jas, ukuran serta gaya lengan. Selain itu, ketika menggunakan jas, jangan lupa untuk menjaganya agar tetap rapi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menggunakan Jas yang Baik dan Benar