Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mudah Untuk Mengetahui Keaslian Batu Akik

Batu akik sekarang-sekarang kini telah menjadi sangat ngetren di Indonesia. Bahkan, banyak yang suka memamerkan bentuk dari cincin mereka dengan bermacam bentuk mata akik. Selain memang karena sedang membumingnya, batu akik atau batu permata memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi sebagian orang, termasuk para kolektor.

Kejadian tersebut tak pelak membuat banyak orang berebut ingin juga ikut membeli. Namun, harganya yang tidak murah menjadi masalah tersendiri bagi para pemula batu akik nan elok ini. Oleh sebab itu, bermunculan berbagai batu akik KW atau tiruan (imitasi) sebagai alternatif bagi orang-orang yang tidak memiliki cukup dana namun tetap ingin tampil gaya dengan memakai cincin mata akik.


Dilain pihak, hal tersebut membuat sebagian orang, termasuk kolektor-kolektor yang belum memiliki ilmu bebatuan menjadi bingung. Mereka kebanyakan takut jikalau batu akik yang dibeli ternyata adalah imitasi. Oleh karena itu, butuh suatu pengetahuan dan cara-cara yang tepat agar terhindari dari membeli batu akik palsu. Berikut dibawah ini adalah cara mengetahui keaslian batu akik.

Cara Mengetahui Keaslian Batu Akik

{1.} Bergaul Dengan Ahlinya
Anda tidak akan pernah tahu mengenai keaslian batu akik tanpa pernah bertanya dan belajar dari ahlinya. Oleh karena itu, usahakan untuk sering-sering bertemu dengan penjual batu akik yang terpercaya ataupun komunitas-komunitas batu akik.

{2.} Teliti
Terlalu tergesa-gesa dalam memilah dan memilih batu akik yang akan dibeli adalah tindakan ceroboh. Jadi, telitilah sebelum membeli.

{3.} Perhatikan 5C
Carat (karar), colour (warna), certificate (sertifikat), clarity (kejernihan) dan cutting (potongan).

{4.} Perhatikan Berat
Biasanya, batu akik asli akan memiliki berat yang lebih dibandingkan batu akik KW. Oleh karena itu, usahakan untuk membawa batu akik asli yang sejenis dengan batu yang akan dibeli.

{5.} Eksperimen
Ada beberapa eksperimen yang dapat dilakukan untuk membuktikan keaslian suatu batu akik. Diantaranya adalah membenturkan batu akik yang sejenis, dimana batu akik yang akan Anda test dibenturkan atau digesekkan dengan batu yang sudah terbukti keasliannya. Jika kedua batu akik itu asli, maka akan muncul percikkan api. Selain itu, Anda juga dapat membakar batu tersebut. Hal ini dilakukan karena batu akik asli akan menampakkan cairan berupa minyak yang mudah dihapus, sedangkan batu akik palsu akan sulit dihilangkan bagian gosongnya (bekas pembakaran).

Selain 2 cara di atas, Anda juga dapat bereksperimen dengan cara mengigit batu akik tersebut (khusus mutiara). Jika tidak terjadi suatu perubahan, maka batu tersebut adalah asli.

{6.} Menilik Seratnya
Salah satu yang membedakan batu akik asli atau palsu (imitasi) adalah pada bagian seratnya, baik itu dalam maupun permukaan. Pada umumnya, batu akik asli akan memiliki serat yang alami sedangkan batu akik KW akan terlihat bening, bahkan akan muncul bol-bola seperti gelembung.


Dari keenam cara mengetahui keaslian batu akik di atas, yang terpenting adalah ketelitian untuk menelisik setiap jenis batu akik yang akan dibeli. Selain itu, Anda pun harus siap sedia membawa peralatan seperti kaca pembesar dan senter. Lebih-lebih jika Anda memiliki peralatan khusus.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Untuk Mengetahui Keaslian Batu Akik