Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mendapatkan Batu Akik Secara Alami

Akik adalah batu yang muncul akibat proses geologi atau proses batuan. Selain itu, batu akik juga dikenal sebagai batu mineral yang terdiri atas banyak uncur-unsur kimia. Ciri lainnya dari batu akik adalah keindahannya dan kualitasnya yang begitu baik, sehingga sangat mungkin memiliki harga jual yang sangat tinggi. Dalam ilmu pengetahuan sendiri, batu akik ada karena proses yang cukup panjang, dimana mula-mula batu terbentuk dari pengkristalan cairan zat-zat mineral dalam tempo yang sangat lama.

Temponya sendiri bisa hingga jutaan tahun lamanya. Jadi, satu bongkahan batu akik bisa didapat dari prosesor yang tidak sebentar, oleh karena itu harganya dapat menjadi sangat tinggi. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa memiliki batu-batu tersebut dengan cara mendapatkan batu akik secara alami. Berikut tahap-tahap mendapatkannya.


Cara Mendapatkan Batu Akik Secara Alami

{1.} Untuk memulai mendapatkan batu yang diinginkan, Anda harus mengetahui dulu tempat-tempat mana saja yang di dalam tanahnya terdapat batu akik. Setiap batu akik sendiri memiliki tempat tersendiri untuk ditemukan, mulai dari sungai, pantai, gunung bahkan dibawah pohon pun bisa saja terdapat batu akik.

{2.} Setelah mengetahui dimana letak batu akik yang akan dicari, Anda dapat menyiapkan beberapa alat sebagai penunjang pencarian. Diantaranya yang biasa digunakan oleh pencari profesional adalah pahat atau palu yang berguna untuk memecahkan bongkahan-bongkahan batu, sepatu bot untuk berjalan di atas tanah berlumpur atau sungai sekaligus menghindari gigitan serangga dan reptil, selain itu siapkan juga bekal untuk menjaga energi tubuh.

{3.} Setelah semua siap, Anda dapat langsung pergi menuju tempat pencarian dan mulai menggali. Carilah bongkahan-bongkahan batu yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

      a. Warnanya berbeda dari warna batu lain (mencolok)
      b. Tekstur permukaannya lebih bermotif dan licin
      c. Memiliki serat-serat yang tembus pandang

{4.} Ciri-ciri pada no.3 belum sepenuhnya mencakup semua jenis-jenis batu akik, walau begitu poin-poin tersebut sudah mencukupi. Namun jika Anda masih merasa bimbang dan tidak paham, cobalah untuk merendam batu yang didapat di dalam air yang jernih atau bersih. Biasanya, dengan cara ini maka lumpur atau tanah yang menutupi batu akan pudar dan warna asli dari batu tersebut akan terlihat.

{5.} Cara selanjutnya untuk memastikan bahwa itu batu akik adalah dengan memecah sedikit bagian bongkahan batu menggunakan palu atau pemahat. Pastikan untuk memahat secara perlahan karena biasanya batu akik memiliki tingkat kerentanan yang tinggi terhadap tekanan. Setelah itu, perhatikan bagian dalam dari potongan, jika muncul warna dan tekstur yang berbeda dari batu biasanya, maka dapat dipastikan bahwa itu batu akik.

{6.} Selanjutnya perhatikan jenis batu akik yang di dapat, Anda dapat melihatnya melalui ciri khas warna, serat, bentuk, sifat dan tingkat kekerasan. Jika sudah memastikan jenisnya, Anda dapat langsung melakukan proses pengolahan dan perawatan.


Dekimikianlah beberapa ulasan tentang cara mendapatkan batu akik secara alami yang bisa admin bagikan kepada anda. Mudah-mudahan bisa bermanfaan dan akan berguna bagi anda para penghobi batu akik diseluruh tanah air.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mendapatkan Batu Akik Secara Alami