Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Memilih Dasi yang Baik dan Benar

Dasi adalah salah satu aksesoris yang wajib dimiliki para pria. Hal ini karena banyak acara yang biasanya memerlukan aksesoris dasi untuk melengkapi penampilan. Bahkan, saat ini acara non-formal dan semi-formal pun banyak menggunakan gaya-gaya kemeja berdasi. Selain terlihat lebih bersahaja, menggunakan dasi juga akan lebih meningkatkan rasa percaya diri. Namun, tidak sedikit orang yang kebingungan untuk memilih dasi yang baik dan benar untuk dirinya. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara memilih dasi yang baik agar sesuai dan cocok dengan keinginan Anda.


Cara Memilih Dasi yang Baik dan Benar

{1.} Mempelajari Bagian-Bagian Dari Dasi
Untuk mendapatkan dasi yang terbaik, mulai dari kualitas dan harga. Anda harus mengetahui dahulu bagian dari dasi agar tahu apa yang ingin Anda cari.

Unsur-unsur Dasi:

A. Lapisan Dasi
Dasi memiliki lapisan, baik luar ataupun dalam. Fungsinya adalah untuk memudahkan pengguna mengikat dasi ke bagian kerah leher kemeja. Lapisan terbaik untuk unsur ini adalah kain berbahan wol 100 persen.

B. Bahan Dasi
Untuk bahan dasi keseluruhan, carilah yang kainnya tidak mudah rapuh, licin dan tidak rekat saat di strika. Selain itu, rasakan dan raba kain dasi tersebut, carilah yang lembut dan tidak kasar.

C. Slip Stitch
Slip stitch ini adalah kain tambahan yang biasa tersembunyi dibalik dasi itu sendiri. Fungsinya adalah untuk mempertahankan bentuk ketika dipakai.

D. Jahitan
Biasanya, jahitan tangan memiliki pola dan kekuatan yang lebih besar dibandingkan menggunakan mesin standar. Oleh sebab itu, jangan malu untuk bertanya mengenai proses pembuatannya kepada penjual.

{2.} Ukuran yang Sesuai
Pastikan bahwa dasi yang Anda beli memiliki jarak sekitar 5,5 hingga 10 cm di atas ikat pinggang. Selain itu, jika Anda menyukai tampilan klasik, Anda dapat mencari dasi yang lebarnya sama dengan kerah jaket. Pastikan juga bahwa ukurannya tidak terlalu longgar dan tidak pula membuat leher tercekik, karena hal ini mempengaruhi kenyamanan.

{3.} Tekstur, Warna dan Motif
Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa tekstur lembut lebih nyaman untuk digunakan. Namun tidak masalah jika Anda ingin memilih tekstur lainnya, seperti garis horizontal timbul atau pola yang terlihat kasar. Selain itu, perhatikan pemilihan warna. Jangan sampai warna dasi yang Anda pakai tidak mencerminkan jati diri Anda dan juga tidak cocok dengan pakaian yang dikenakan.

Selain tekstur dan warna, cara memilih dasi yang ada motif juga sangat berpengaruh terhadap penampilan. Misalnya saja Anda adalah pria berumur 40 tahun ke atas, maka motif klasik, seperti batik dan gambar-gambar rumit adalah pilihan yang tepat. Namun jika Anda adalah remaja, maka dasi polos dan sedikit garis grafis adalah pilihan yang lebih baik.


Agar cara memilih dasi yang baik dan benar di atas berhasil, Anda juga harus menyiapkan badget yang cukup. Hal ini karena, biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas. Selain itu, jangan sungkan untuk mencoba langsung dasi yang Anda pilih dan sukai, lalu memperhatikannya di depan cermin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memilih Dasi yang Baik dan Benar