Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Yang Benar Berkomunikasi dengan Pasangan

Komunikasi dalam hubungan adalah salah satu poin penting yang harus dijaga. Tidak jarang sebuah pasangan kandas begitu saja dengan mudahnya hanya karena renggang waktu berbicara yang begitu jauh. Selain itu, walau sudah berkomunikasi, tidak jarang hasilnya lebih tertuju ke hal negatif dan membuat perpecahan dibandingkan kesenangan dan jalan keluar. Oleh karenanya, jika Anda salah satu yang kesulitan dalam hal ini, cobalah mengikuti beberapa cara berkomunikasi dengan pasangan di bawah ini.


Cara yang Benar Berkomunikasi dengan Pasangan

{1.} Hilangkan Semua Gangguan
Terkadang, Anda dan pasangan Anda butuh tempat yang benar-benar nyaman dari segala gangguan, seperti TV, ponsel dan suara bising lainnya. Selain itu, keadaan perasaan pun harus diperhatikan. Usahakan untuk menunggu waktu yang santai dan luang, jangan lupa juga untuk menyiapkan cemilan dan beberapa hal yang keduanya saling menyukai.

{2.} Belajar Untuk Mendengarkan
Kebanyakan pasangan, entah itu si suami ataupun istri lebih suka menjadi komunikator, namun Mereka kesulitan menjadi pendengar yang baik. Walhasil kebanyakan dari Mereka tidak peduli apa yang dibicarakan lawan pasangannya dan akhirnya terjadi miss komunikasi.

Oleh sebab itu, patut kita belajar untuk menjadi pendengar yang baik, bukan hanya membersihkan telinga dari kotoran agar suara mudah masuk, namun juga dapat menyerap segala apa yang lawan bicara Kita katakan. Setelah itu Anda dapat mencerna dan meresponnya dengan sebaik-baik respon.

{3.} Mempertimbangkan Perasaan Pasangan
Seorang psikolog asal California, Levy Ceren pernah berkata bahwasanya seorang pasangan harus mencoba menempatkan dirinya pada posisi yang lain. Hal ini bertujuan agar apa yang diingin dirinya atas diri pasangannya benar-benar cocok dan diinginkan pula oleh si pasangan.

Terkadang keinginan, kebiasaan, kebutuhan dan hal lain sebagainya berbeda satu sama lain. Ketika memaksakan kehendak tanpa mempertimbangkan perasaan pasangannya, maka yang terjadi adalah pembunuhan hati.

{4.} Membuat Rencana Untuk Topik Tertentu
Pada poin ini, rencana dilakukan jika topiknya berat dan memungkinkan salah satu pasangan marah. Biasanya yang akan dibicarakan adalah “aku ingin mengatakan ini. Tapi aku takut kamu marah” dan sejenisnya. Untuk menanggulangi dampak dari marah tersebut, merencanakan waktu dan tempat yang tepat adalah hal penting.

Gunakan sebanyak-banyaknya cara berkomunikasi dengan pasangan, dari mulai yang dia sukai, yang dia nyaman berada disana dan perhatikan pula pikirannya, apakah sedang stres atau tenang. Setelah semua itu dipersiapkan, barulah Anda dapat mencoba berbicara dengannya secara baik-baik.

Baca juga cara mudah mengatasi patah hati

Cara yang benar berkomunikasi dengan pasangan di atas mungkin tidak sepenuhnya membantu dalam beberapa keadaan. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba, karena mungkin barang sedikit dapat membuat chemistry tetap terjalin. Namun yang penting dari semua itu, perkataan jujur serta kasih sayang yang tuluslah yang akan membuat komunikasi benar-benar berjalan mulus, bahkan dalam persoalan yang genting sekalipun. Hal ini diterapkan oleh banyak pasangan diseluruh dunia and it’s work.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Yang Benar Berkomunikasi dengan Pasangan