Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mengatasi Radang Tenggorakan dengan Cepat dan Alami

Sakit pada radang tenggorokan bisa menghinggapi siapapun, mulai dari anak-anak hinga semaja bahkan yang sudah dewasa sekalipun. Radang tenggorokan atau dalam bahasa kedokteran disebut Faringitis adalah penyakit dalam bentuk radang (peradangan) yang serangannya terjadi pada tenggorokan dan hulu tenggorokkan. Penyakit ini sendiri biasanya disebabkan oleh bakteri streptococcus, virus ataupun lemahnya sistem imun (kekebalan tubuh).


Penularan juga bisa terjadi melalui makanan atau minuman serta barang yang sudah terkena infeksi bakteri. Selain itu, setidaknya ada 2 jenis radang tenggorokan, yang pertama adalah Faringitis akut dan Faringitis kronis. Untuk pengobatannya, biasa dilakukan dengan pemberian antibiotik. Selain itu, ada beberapa cara mengatasi radang tenggorokan dengan cepat dan alami. Berikut ulasannya.

Cara Mengatasi Radang Tenggorakan dengan Cepat

{1.} Bawang Putih
Walau bawang putih dapat enimbulkan bau pada mulut jika dikonsumsi secara berlebihan, ternyata salahsatu bumbu dapur ini juga memiliki kandungan baik bernama Allicin. Zat ini adalah senyawa yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan (membunuh) bakteri. Oleh karena itu, mengkonsumsi bawang putih dapat membantu dalam mengatasi bakteri penyebab radang tenggorokan.

{2.} Teh Hangat
Selain bawang putih, ada bahan alami lain yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi radang tenggorokan dengan cepat, yaitu teh hangat. Teh sendiri mengandung berbagai zat yang baik bagi tubuh. Salahsatunya adalah untuk menghentikan peradangan. Selain itu, suhu hangat yang ditimbulkan akan meredakan rasa nyeri pada tenggorokan.

{3.} Jahe Hangat
Sama seperti teh, rasa hangat dari jahe atau wedang jahe dapat meredakan rasa sakit yang ditimbulkan dari peradangan. Selain itu juga, jahe memiliki banyak kandungan baik bagi tubuh, salahsatunya adalah zat ekspektoran yang dipercaya dan diteliti memiliki khasiat untuk mengatasi penyakit radang tenggorokan dengan cepat. Bahkan zat tersebut banyak dipakai sebagai bahan baku pembuatan obat medis.

{4.} Madu
Cairan dari lebah ini sudah tidak bisa dielakkan lagi khasiatnya. Beragam penyakit dapat disembuhkan dengan bantuan madu. Bahkan ahli medis pun menyarankan mengkonsumsi madu secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Maka dari itu, madu juga dapat meredakan radang tenggorokan. Apalagi jika minuman madu diolah bersama dengan lemon yang mengandung banyak vitamin C.

{5.} Belimbing
Buah belimbing terkenal dengan rasanya yang masam. Namun begitu, ternyata buah ini jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat dan berkesinambungan dapat meredakan dan mengatasi penyakit radang tenggorokan pada anak. Cara mengolahnya sendiri cukup mudah, Anda tinggal membuat 100 gram belimbing menjadi jus lalu meminumnya.

{5.} Daun Kemangi
Anda dapat menggunakan daun kemangi ini dengan cara direbus bersama dengan air. Setelah air cukup berkurang, Anda dapat menuangkannya di dalam gelas dan mengkonsumsinya.

{7.} Uap Panas
Banyak pengobatan tradisional yang menggunakan metode uap panas untuk menghilangkan racun atau penyakit yang ada di dalam tubuh. Tidak terkecuali dengan penyakit radang pada tenggorokan. Cara ini sendiri bisa dilakukan dengan menghadapkan wajah (khususnya mulut) pada wadah yang berisi air panas. Uap udara yang muncul dari air tersebut dapat mengurangi rasa sakit serta membunuh bakteri.


Sekian ulasan tentang cara mengatasi radang tenggorokan dengan cepat dan alami yang bisa saya ulas untuk anda. Semoga akan bisa bermafaat bagi yang sedang mengalami radang tenggorokan dan lekas sembuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Radang Tenggorakan dengan Cepat dan Alami