Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

Buah apel sendiri saat pertama kali ditanam adalah di asia tengah, akan tetapi pada sekarang ini sudah banyak yang membudidayakan buah apel tersebut di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia tentunya. Di Indonesia lebih tepatnya lagi kota batu malang jawa timur adalah kota yang mempunyai khas buah apel. Kota tersebut adalah kota yang memiliki perhasilan buah apel terbesar di Indonesia.

Apel adalah buah yang banyak diminati oleh masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Dengan warnanya yang merah ataupun hijau, buah ini tampil menawan dan memberikan keinginan kuat bagi yang melihat untuk memakannya. Selain itu, buah dengan nama latin Malus domestica ini juga ternyata memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh manusia. Ingin tahu apa saja manfaat buah apel untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

manfaat buah apel

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

{1.} Menjaga Kesehatan Gigi
Buah apel mungkin tidak dapat dijadikan pengganti sikat gigi. Namun jangan salah, buah ini ternyata jika digigit serta dikunyah oleh manusia, dapat menyebabkan mulut memproduksi air liur dalam jumlah yang cukup sebagai pelindung dari kerusakan gigi akibat bakteri.

{2.} Mencegah Alzheimer
Dalam penelitian studi baru-baru ini, para ilmuwan melakukan praktek dengan menggunakan jus apel yang diberikan kepada tikus. Hasilnya ternyata cukup positif, dimana si tikus dapat terjaga dari penyakit Alzheimer serta kemampuan untuk melawan efek penuaan pada otak. 

Selain itu, tikus yang menggunakan apel sebagai konsumsi saat diet juga menunjukkan bahwa tingkat neutransmitter asetilkolin-nya lebih tinggi, serta kemampuannya dalam tes labirin lebih baik dibandingkan dengan cara-cara diet biasa.

{3.} Melindungi dari Parkinson
Selain Alzheimer, ternyata manfaat buah apel juga dapat mencegah manusia dari Parkinson. Hal ini ditunjukkan oleh sebuah penelitian yang menghasilkan bahwasanya orang-orang yang rutin mengkonsumsi buah-buahan serta makanan berserat tinggi memiliki perlindungan yang lebih dalam masalah Parkinson. Hal ini juga berhubungan dengan kandungan antioksidan pada apel yang dapat melawan radikal bebas.

{4.} Membatasi Berbagai Kanker
Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa manfaat buah apel dapat mencegah serta menahan berbagai macam jenis kanker tumbuh pada tubuh. Diantaranya penelitian oleh American Association for Cancer Research, yang menyebutkan bahwa kandungan tinggi flavanol pada apel dapat mengurangi resiko kanker pankreas hingga 23 persen. Selain itu ada juga penelitian di Cornell University yang mengidentifikasi bahwasanya kulit apel memiliki senyawa berupa triterpenoids yang dapat menahan serta mencegah pertumbuhan kanker usus besar, hati serta payudara.

Selain itu, para peneliti juga sebelumnya sudah mendapatkan hasil yang cukup baik, dimana ekstrak seluruh bagian dari apel dapat dijadikan sebagai bahan konsumsi untuk mengurangi ukuran serta jumlah tumor mammae pada tikus. Bahkan National Cancer Institute di Amerika telah merekomendasikan masyarakatnya untuk mengkonsumsi banyak asupan serat tinggi untuk mencegah resiko kanker kolorektal.

Baca juga manfaat buah naga

Selain beberapa khasiat di atas, ternyata masih banyak lagi manfaat buah apel untuk kesehatan yang cukup menakjubkan dan diantaranya benar-benar sangat dibutuhkan untuk orang-orang jaman sekarang. Misalnya saja kemampuan buah manis asam tersebut untuk mengikat lemak pada usus sebagai cara mengurangi kolesterol. Selain itu, buah apel juga menjaga jantung tetap sehat serta mencegah terjadinya penyakit batu empedu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan