Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Secara Alami

Luka bakar dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Sumber panas, cairan kimia, arus listrik ataupun gesekan dan radiasi menjadi beberapa faktor terjadinya luka bakar pada kulit atau daging. Selain itu, jenis luka bakar pun cukup beragam dan biasanya dibedakan sesuai derajat atau stadium. Misalnya saja luka bakar derajat I yang terjadi jikalau luka hanya berada pada bagian kulit tubuh terluar saja atau derajat II jika kulit yang terluka lebih dalam lagi. Sedangkan untuk derajat III, biasanya luka bakar terjadi diseluruh lapisan kulit dan jika sampai ke jaringan-jaringan yang lebih dari itu maka statusnya ditingkatkan menjadi luka bakar derajat IV. 

cara menghilangkan bekas luka bakar

Luka bakar sendiri bagi sebagian orang adalah suatu tragedi yang sangat mengganggu. Apalagi hal tersebut terjadi pada wanita dan pada bagian yang terlihat publik. Selain harus menahan rasa sakit dan perih, luka bakar tersebut akan menimbulkan bekas yang kadang kurang enak dipandang. Oleh karenanya, untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda perlu tahu bagaimana cara menghilangkan bekas luka bakar secara alami yang mudah dan aman.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Secara Alami

{1.} Lidah Buaya
Lidah buaya atau dalam bahasa latin disebut Aloevera adalah tanaman yang memiliki daun berdaging. Di dalam daging tersebut terdapat cairan-cairan yang kaya akan asam amino. Asam amino sendiri memiliki manfaat untuk melembabkan kulit serta menghilangkan bekas luka bakar. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda tinggal mengoleskan bagian lendir atau getah pada area luka.

{2.} Mengkudu
Walau rasanya tidak lezat dan pahit, ternyata buah mengkudu memiliki banyak sekali kandungan baik. Salahsatunya adalah antioksidan dan zat anti peradangan yang memiliki kemampuan untuk meregenerasi kulit, termasuk menyembuhkan luka bakar serta menghilangkan bekasnya. Untuk penerapannya, Anda dapat mengoleskan buah mengkudu yang sudah dihaluskan ke bagian yang luka.

{3.} Bawang Putih
Selain diteliti sebagai obat kanker, bawang putih juga ternyata menjadi salahsatu cara menghilangkan luka bakar oleh orang-orang Tiongkok terdahulu. Prosesnya sendiri terjadi dengan cara mempersempit ruang gerak kolagen-kolagen yang ada pada luka serta membunuh keloid. Cara penggunaannya adalah dengan menggosok secara perlahan serta mengoles bawang putih yang sudah dipotong pipih pada bagian luka bakar.

{4.} Mentimun
Mentimun memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh dari dehidrasi. Selain itu, mentimun juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat berguna sebagai anti radikal bebas. Anda dapat menggunakan mentimun untuk menghilangkan luka bakar dengan cara meletakkan timun yang sudah dipotong-potong pada bagian yang terluka. Efek dinginnya juga dapat menekan rasa sakit dan gatal.


Selain ke-4 bahan alami di atas, Anda pun dapat menerapkan cara menghilangkan bekas luka bakar yang lain, seperti menggunakan daun mint, minyak zaitun, jeruk nipis dan madu. Selain mudah didapat, bahan-bahan alami tersebut tidak akan menimbulkan efek negatif yang berarti.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Secara Alami