Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tempat Wisata di Kalimantan Timur Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Kalimantan Timur berikut ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang berencana ingin menghabiskan waktu liburan di akhir pekan atau saat liburan sekolah bersama keluarga anda. Namun demikian, bagi anda yang sekalipun belum pernah menginjakkan kaki ke pulau Borneo, akan lebih baik jika anda menentukan terlebih dahulu tempat wisata di Kalimantan Timur yang ingin anda kunjungi agar mempermudah akomodasi selama anda disana dan menghindarkan diri anda dari peristiwa yang tidak anda inginkan. Tempat-tempat tersebut, antara lain :

Tempat wisata di Kalimantan Timur

{1.} Taman Nasional Kutai - di Sangkima, Sangatta


Pertama adalah Taman Nasional Kutai di Sangkima. Tempat ini adalah cabang pengembangan dari Taman Nasional Kutai terletak di Sangkima, Sangatta. Tempat ini dapat ditempuh dengan menggunakan mobil sekitar 45 menit hingga 1 jam dari kota Bontang atau perjalanan sekitar 7 jam dari Balikpapan, Kalimantan Timur.  Tempat ini cocok sebagai tempat wisata berbasis wisata edukasi terutama bagi anak-anak. Di tempat ini anak-anak dapat diberikan pengetahuan tentang ekosistem alami dengan bebagai macam jenis tumbuhan dan hewan di dalamnya. Di tempat ini juga disediakan fasilitas outbond yang bisa dimanfaatkan untuk rombongan yang berasal dari kantor atau instansi dengan biaya pemandu sekitar Rp 50.000,00 – Rp 100.000,00 dan biaya penginapan per malam sekitar Rp 150.000,00.

{2.} Museum Keraton Kasultanan Kutai Kartanegara di Tenggarong


Museum Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara yang terletak di Tenggarong. Tempat ini terletak di Tenggarong dan kota ini dapat ditempuh sekitar 2 jam dengan perjalanan darat dari Samarinda. Tempat ini tergolong sebagai tempat wisata edukatif akan budaya. Museum Keraton Kasultanan Kutai Kartanegara menyimpan banyak benda-benda bersejarah sejak berdirinya kerajaan Kutai seperti baju adat, aksesoris mahkota, baju perang, dan perabotan rumah tangga. Namun jika ingin mengabadikan gambar di tempat ini, ada baiknya anda memperhatikan ketentuan yang diberikan oleh sang guide. Karena ada beberapa tempat tertentu yang memang tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar.

{3.} Pantai Beras Basah, Bontang


Berikutnya adalah pantai Beras Basah di Kota Bontang. Bontang adalah kota yang dapat ditempuh sekitar 6 jam perjalanan darat dari Balikpapan. Nama beras basah diambil dari pemandangan yang terlihat dari kejauhan ketika pasir putih seperti butiran beras sebagian terendam oleh air laut. Dari kota Bontang, untuk dapat sampai ke pantai beras basah ini anda dapat naik kapal boat dai pelabuhan tanjung Limau atau dari pantai Marina Bontang dengan tarif per kapal untuk perjalanan plang pergi sekitar Rp 400.000,00 – Rp 600.000,00. Karena mahalnya harga kapal akan lebih baik jika kapal digunakan secara berombongan. Waktu tempuh dengan kapal sekitar 20 menit. Bagi yang ingin menginap, di pantai ini juga ada penginapan yang disediakan oleh penduduk sekitar dengan harga cukup terjangkau mengingat kapal yang membawa wisatawan hanya akan datang 2 kali saat siang dan sore hari.   

{4.} Sungai Mahakam


Sungai yang terbentang cukup luas di daeh Kalimantan Timur ini menyajikan pemandangan menarik kapal-kapal nelayan di siang hari dan pemandangan lampu kapal yang terlihat menwan dari atas jembatan Mahakam. Di area sekitar tempat ini khususnya di Samarinda banyak penjual-penjual makanan dengan harga yang bersahabat di malam hari.


Selamat berakhir pekan dan berkunjung ke tempat wisata di Kalimantan Timur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tempat Wisata di Kalimantan Timur Yang Wajib Dikunjungi