Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami

Ketombe bisa dibilang menjadi salah satu masalah yang hampir dialami oleh setiap orang. Keberadaan ketombe jelas-jelas sangat mengganggu dan bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang. Ketombe sendiri merupakan serpihan kecil warna putih yang kerap muncul di permukaan kulit kepala. Kemunculan ketombe ini tidak jarang disertai rasa gatal yang sangat mengganggu. Adapun beberapa faktor penyebab munculnya ketombe diketahui berupa hormon yang tidak seimbang, stress, depresi, kulit kepala berminyak, sistem imun tubuh yang sedang menurun, atau karena menggunakan produk shampoo yang tidak cocok. Apapun penyebabnya, pastinya jika ketombe sudah menyerang wajib dilakukan upaya untuk menghilangkannya.

cara menghilangkan ketombe

Ketombe yang membandel sebetulnya bisa dihilangkan dengan perawatan yang tepat. Perawatan yang tepat tidak selalu harus dilakukan di salon kecantikan. Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapur, Anda pun bisa melakukan perawatan untuk menghilangkan ketombe. Jadi bagaimana cara menghilangkan ketombe membandel? Berikut ulasan lebih lengkapnya:

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel

{1.} Menggunakan Minyak Kelapa
Minyak kelapa diketahui memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak tinggi. Kedua kandungan tersebut ampuh menghilangkan ketombe yang membandel di permukaan kulit kepala. Guna mendapatkan manfaat ini Anda bisa menyiapkan minyak kelapa secukupnya lalu membalurkannya pada kulit kepala sembari memberi pijatan ringan. Bila sudah lanjutkan dengan menutup rambut Anda dengan handuk hangat dan diamkan beberapa waktu supaya minyak meresap masuk dalam kulit kepala. Langkah terakhir Anda bisa bilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa minyak yang masih menempel. Perawatan ini pun baik dilakukan sesaat sebelum Anda tidur.

{2.} Menggunakan Minyak Wijen
Selain menggunakan minyak kelapa, Anda juga bisa memanfaatkan minyak wijen. Minyak wijen bahkan tidak hanya ampuh mengatasi ketombe membandel tetapi juga ampuh mengatasi masalah rambut rontok. Anda bisa memulai perawatan dengan menghangatkan minyak wijen secukupnya. Bila sudah aplikasikan pada kulit kepala lalu diamkan beberapa menit atau sampai minyak terserap sempurna dalam kulit kepala. Bila sudah lanjutkan dengan bilas sampai bersih.

{3.} Menggunakan Jeruk Nipis
Ketombe yang membandel juga dapat diatasi menggunakan jeruk nipis. Cukup siapkan 2 sdm sari jeruk nipis lalu balurkan pada kulit kepala secara merata. Beri pijatan ringan untuk memaksimalkan penyerapan sari jeruk nipis. Mungkin Anda akan merasakan sedikit rasa perih saat melakukan perawatan, tetapi tidak perlu khawatir. Setelah dirasa sari jeruk nipis terserap optimal, Anda bisa bilas untuk menghilangkan sisa sari jeruk nipis yang masih menempel. Sangat mudah bukan.

{4.} Menggunakan Baking Soda
Baking soda umumnya digunakan untuk olahan kue. Namun, siapa sangka Anda bisa memanfaatkannya pula untuk mengatasi ketombe yang membandel. Guna mendapat manfaat ini awali dengan membasahi rambut Anda terlebih dulu. Bila sudah ambil baking soda lalu gosok-gosokkan secara merata. Lanjutkan dengan bilas tanpa shampoo dan biarkan rambut mengering dengan sendirinya.

{5.} Menggunakan Garam
Cara selanjutnya bisa Anda coba dengan memanfaatkan garam. Garam diketahui dapat merangsang pengelupasan sel kulit mati dan membunuh jamur atau bakteri yada ada di permukaan kulit kepala secara optimal.  Caranya sangat mudah. Ambil garam dapur secukupnya lalu aplikasikan pada kulit kepala sampai merata. Gosok secara pelahan supaya meresap masuk dalam kulit kepala. Bila sudah Anda bisa melanjutkan dengan keramas sampai bersih.


Demikian beberapa cara menghilangkan ketombe membandel. Cukup mudah bukan. Beberapa bahan yang disebut di atas pastinya juga mudah didapat dan bahkan biasanya sudah tersedia di dapur Anda. Selamat mencoba dan semoga info kali ini bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami