Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Musik Lagu Barat Paling Fenomenal Sepanjang Masa

Banyak nostalgia masa lalu yang tersusun dari kepingan-kepingan ingatan dalam beragam bentuk. Dan lebih seringnya berangkat dari nostalgia di era 90 an ketika hampir segala sesuatu di masa itu begitu keren. Sangat berbeda jauh jika dibandingkan dengan masa sekarang yang hampir segalanya bisa dicapai dengan instan dan cepat. Banjir informasi dan hiburan yang sekarang mengaliri pemikiran anak-anak muda pun rasa-rasanya kalah jauh jika disandingkan dengan pengalaman era lalu yang sangat mengasyikkan.  

Salah satu bentuk kenangan yang susah hilang barangkali ialah musik. Karena musik sudah menjadi bagian dari kesenangan dan kadang-kadang membentuk karakter seseorang setelah dewasa nanti. Di antara gudang musik era 90an yang pernah dinikmati, gejolak musik Barat pun hampir tak pernah putus dan bahkan hingga saat ini masih didengarkan dan cenderung menjadi ikon-ikon kenangan masa lalu. Nah, apa saja musik lagu barat paling  fenomenal sepanjang masa. Mari kita ingat beberapa di antaranya. 

Lagu Barat Paling Fenomenal

{1.} November Rain - Guns N Roses  


Anda mau membantah lagu ini? Sulit rasanya menghilangkan ingatan lagu ini saat musim hujan mulai merambat di bulan November. Lagu ini sudah menjadi semacam ikon bagi siapa saja yang sedang galau, resah, rindu atau hanya ingin menikmati kesyahduan rintik hujan di bulan November. Sampai-sampai sebagian orang menjadi bosan atau kesal sendiri karena lagu ini telah menjadi semacam soundtrack di bulan November. Lengkap dengan potongan-potongan ingatan dari video klipnya yang menampilkan sosok Slash bermain gitar di depan sebuah gereja kecil. Satu misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini ialah mengapa ketika Slash keluar dari gereja dan bermain solo gitar, ukuran gereja di belakangnya terlihat lebih kecil?  

{2.} Nothing Else Matters - Metallica  


Di tahun 1990an, masyarakat musik dunia tersentak dengan kemunculan album Black dari Metallica yang hanya menampilkan sampul hitam. Tapi jika diamati lebih teliti, ada gambar ular melingkat di sudut kanan bawah sampul tersebut. Tetapi yang lebih mengejutkan lagi, isi dari album tersebut jauh berbeda dari rilisan-rilisan sebelumnya yang terkenal sangat thrash metal dan sulit diterima pendengar musik Pop. Kehadiran album Black menandai titik tolak Metallica dalam mengembangkan eksplorasi musik seperti yang kita dengar pada Nothing Else Matters. Secara keseluruhan, isi album ini memang masih bisa diterima kalangan metal, tetapi sekaligus menjangkau segmen lain seperti pendengar musik Pop sehingga mereka juga bisa menikmati dan mengenal Metallica lebih lanjut. Tetapi Nothing Else Matters memang sebuah track yang sangat jagoan dan begitu mudah dikenang baik dari nada dan liriknya, sampai ke generasi-generasi terkini.  

{3.} Black or White - Michael Jackson  


Masih ingat kan dengan video musiknya? Di sana kita saksikan satu aktor anak-anak yang saat itu sangat populer akibat film Home Alone. Nah, yang menarik lagi karena riff-riff gitar dari musik ini dimainkan oleh Slash, gitaris Guns N Roses masa itu. Musiknya pun sangat enak didengar dan pernah merajai tangga-tangga lagu di masa itu.  

{4.} Nothing Compares 2 U - Sinead O'connor  


Ada dua hal yang menarik jika bicara tentang lagu ini. Pertama ialah musiknya yang begitu tenang dan menghanyutkan, namun sangat mudah diingat. Kedua ialah sosok yang menyanyikannya. Di masa itu, seorang penyanyi perempuan berkepala botak di arus utama musik Pop masih sangat nyentrik dan berbeda. Wajar jika lagu ini selalu identik dengan era yang melatarbelakangi kehadirannya.  

{5.} Smells Like Teen Spirit - Nirvana 


Coba Anda tanyakan kepada generasi sekarang, apakah mereka mengenal Nirvana? Sebagian besar pasti mengiyakannya. Dan lagi-lagi acuan mereka adalah lagu ini. Konon, kehadiran musik dan videonya telah menggebrak pola pikir dan cara pembuatan video musik di masa itu. Dan pengaruhnya masih terasa sampai sekarang. Meskipun sudah lama meninggal, masih banyak generasi muda yang mengidolakan Kurt Cobain sebagai pentolan utama dari Nirvana. Fenomena ini tentu saja sangat sah untuk dianggap sebagai simbol budaya dari generasi 90an yang bertahan dan terwariskan pada generasi masa ini. 

Baca juga koleksi bacaan terpopuler

Berhubungan dengan tidak banyaknya waktu dikarenakan ada kesibukan saya yang lainnya. Mungkin hanya sekian saja ulasan tentang musik barat paling fenomenal yang dapat saya sajikan untuk anda semua. Mungkin juga semua lagu yang saya tuliskan diatas sudah ada yang menjadi koleksi anda. Sebenarnya masih banyak lagu-lagu terbaik mahakarya musisi lain yang ga kalah baikknya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Musik Lagu Barat Paling Fenomenal Sepanjang Masa