Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Hal Positif Yang Harus Dilakukan Kalangan Remaja

Masa muda memang penuh dengan cerita dan pengalaman seru yang menyenangkan. Banyak hal yang sulit dilupakan dan diceritakan ketika masih muda. Namun bagi kamu yang saat ini masih menginjak usia 17 – 23 pasti masa-masa tersebut masih menjadi masa yang menyenangkan bagi anda dan menjadi waktu yang bebas melakukan apa yang kamu mau. Namun apakah sampai saat ini kamu sudah melakukan sesuatu atau hal yang benar dan positif  bagi dirimu dan orang lain? Atau kamu hanya berbuat sesuatu sesuai keinginanmu dan kesenanganmu saja.

Sebab jika kamu masih melakukan hal yang hanya bersifat kesenangan dan tidak bermanfaat maka akan merugikan kamu sendiri lho, contohnya bermain PS sampai lupa waktu, bermain sampai larut malam sampai lupa belajar atau malah jarang belajar, bermain di warnet hingga ketagihan sampai-sampai seharian berada di warnet, dan sebagainya.


Kenyataannya aktivitas tersebut hanya akan membuang waktu kamu dan merugikan kamu sendiri kalau tidak kamu rubah. Tentunya akan berdampak dengan masa depan kamu lho seperti karir dan reputasimu. Oleh karena itu cobalah rubah sedikit demi sedikit kebiasaan burukmu selagi masih muda dan jangan hanya menuruti hawa nafsu yang akan membuat dampak buruk pada dirimu. Disini ada sedikit contoh kegiatan positif yang bisa kamu lakukan demi kebaikan dirimu dan masa depanmu yang bisa kamu ikuti sebagai referensi

Hal Positif Yang Harus Dilakukan Remaja

{1.} Memperbanyak Waktu Belajar
Ketika kamu duduk di bangku SMA terutama di kelas 12 yang sedang dalam proses menghadapi Ujian Nasional, maka tidak sepantasnya kamu untuk sekedar bersenang-senang seperti main game, nonton film, dan sebagainya secara berlebihan. Cobalah perbanyak waktu belajar dengan memanfaatkan malam minggu untuk belajar daripada keluyuran pada saat itu.

Manfaatkan juga internet untuk mencari contoh soal-soal UN yang banyak sekali bisa kamu temukan di internet sebagai latihan dan juga unduh contoh soal SBMPTN yang nantinya akan berguna untukmu. Kalau perlu ikuti les di luar sekolah seperti di bimbel yang akan mengajarimu dan memberikan solusi akan kesulitan belajarmu di sekolah. Jika tidak memungkinkan maka kamu bisa mengajak temanmu untuk belajar kelompok dan saling mengajari bagian mana yang susah dari pelajaranmu.

{2.} Mengatur Keuangan Sebaik Mungkin
Nah, ini perlunya untuk mengatur keuangan dalam hidup kamu yang nanti akan berguna bagi masa depanmu. Kamu bisa memulai dengan menabung sedikit demi sedikit uang jajanmu, dan kalau perlu kamu bisa membiayai pembelian peralatan sekolah, seragam, dan keperluan sekolah dengan uang tabunganmu. Terlebih jika kamu mau berwira usaha, bisa dimulai dengan bisnis kecil-kecilan misalnya  jual pulsa, stiker, kaos, atau menjual jasa seperti mengajari adik kelas mapel yang sulit di kelasnya, jasa cuci motor di tempatmu dengan modal seadanya.

Ikut bekerja part time yang tidak menggangu waktu sekolahmu misal jadi karyawan rumah makan yang memperbolehkan kamu belajar di saat tidak melayani pelanggan, karyawan toko jual beli alat tulis, dan sebagainya. Diharapkan kamu bisa belajar mandiri mencari uang selama masih sekolah tapi dengan syarat cari penghasilan yang tidak menggangu waktu sekolah dan belajarmu.

{3.} Mempererat Tali Persaudaraan dan Keluarga
Hal ini penting juga diperhatikan karena dengan memiliki banyak relasi nantinya di masa depan akan banyak yang menolong kamu dan paling tidak mereka akan sangat berguna bagi kamu. Semakin banyak relasi dengan hubungan yang sangat baik, maka semakin banyak keuntungan dan manfaat yang akan kamu peroleh. Maka dari sekarang perbanyaklah teman dan kalau bisa teman-teman yang membawa pengaruh positif dan jalin terus hubungan yang positif.

Begitu pula dengan keluarga kamu, disini kamu juga harus menjadi anak yang baik bagi orang tua, menghormati, dan mendengarkan nasehat dari orang tua. Niscaya dengan itu masa depanmu akan lebih terarah dan kesuksesan di masa yang akan datang akan lebih mudah teraih. Jadi mulai sekarang jaga terus hubungan baik dengan keluarga ataupun teman, dan jangan sampai di saat masih muda kamu malah menimbulkan banyak konflik yang akan merugikan kamu.

Baca juga cara menghadapi jebakan friendzone

Itulah tadi diatas sebuah ulasang mengenai hal postif yang harus dilakukan remaja, semoga ada manfaatnya bagi anda para remaja semua. Masa muda ialah dimana masa yang dipenuhi dengan warna, masa transisi untuk mencari jadi diri dan masa emas untuk mengukir sebuah prestasi yang membangkakan dalam kehidupan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hal Positif Yang Harus Dilakukan Kalangan Remaja