Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Memulai Usaha Tanpa Modal Bagi Pemula

Seorang pengusaha biasanya memiliki ide-ide bisnis yang cemerlang. Namun begitu, mereka sering mengalami kendala dalam masalah modal. Ketika modal yang dimiliki kurang, maka mereka mulai menganggap bahwa ide-ide tersebut tidak akan bisa direalisasikan. Hal tersebut tentunya sangat menggangu, terlebih bagi para pemuda yang baru terjun ke dunia bisnis. Oleh sebab itu, jika anda mengalami masalah yang sama, cara memulai usaha tanpa modal di bawah ini mungkin dapat membantu Anda. 


Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

{1.} Membangun Bisnis di Area Sekitar 
Jangan berpikir terlalu jauh untuk membangun usaha pertama anda. Perhatikan terlebih dahulu daerah sekitar tempat tinggal. Apakah ada produk atau keahlian yang dapat dijual tanpa perlu mengeluarkan modal. 

Anda bisa memulainya dengan meneliti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Selanjutnya anda bisa tanya pada diri sendiri, apa jasa yang bisa dijual. Selain itu, jika di daerah anda ada produk yang dapat di putar menjadi bisnis, maka jangan lewatkan kesempatan itu. Misalnya di daerah anda banyak pengrajin kayu jati untuk dijadikan produk mebel, anda bisa memulainya dengan menjadi dropshiper atau reseller. 

{2.} Memberitahukan Bisnis ke Banyak Orang  
Informasikan bisnis atau usaha baru anda ke semua orang yang anda kenal, mulai dari keluarga, teman, tetangga maupun rekan lama. Dengan cara ini, profil mengenai usaha yang sedang anda rintis bisa dilihat oleh lebih banyak orang. Sehingga bukan tidak mungkin, akan ada salah satu diantaranya yang mengucurkan dana ataupun saham untuk membantu bisnis anda. Selain itu, anda juga bisa memberitahukan profil bisnis ke banyak akun sosial media online. 

{3.} Hindari Pengeluaran yang Tidak Perlu 
Cara memulai usaha tanpa modal selanjutnya adalah dengan menahan sebisa mungkin untuk tidak mengeluarkan dana yang tidak perlu. Ketika anda membangun suatu bisnis mulai dari nol, maka pendapatan akan lebih sedikit dari pengeluaran. Jika anda terlalu boros, maka hasilnya tentu akan buruk. 

{4.} Jangan Gunakan Kartu Kredit
Kartu kredit adalah mesin penghancur suatu usaha baru. Oleh sebab itu, hindari sebisa mungkin penggunaan kartu kredit untuk meminjam modal. Tentunya anda tidak ingin jika usaha yang dilakukan gagal dan menimbulkan hutang yang besar. Selain itu, beban hutang yang tercipta dari memakai kartu kredit juga menganggu psikologi anda, sehingga bisnis yang dijalani sangat mudah terhenti. 

{5.} Memperhatikan Ekuitas Kerja Keras
Cara memulai usaha tanpa modal yang terakhir adalah dengan lebih banyak bekerja. Ketika membangun usaha baru, maka yang harus anda lakukan untuk segera mendapat modal adalah dengan bekerja lebih giat, dengan ekuitas yang dibangun dengan keringat. Terlebih jika anda sedang membangun brand atau merek, maka tenaga harus lebih banyak lagi yang keluar. 

Kesimpulan
Memulai bisnis tentu bukan hal yang mudah, terlebih jika tidak ada uang yang cukup untuk memulainya. Oleh sebab itu, cara memulai usaha tanpa modal di atas mungkin dapat menjadi gambaran, apa saja bisnis yang akan Anda kerjakan dan bagaimana cara kerjanya, Anda harus tetap memperhatikan poin-poin penting, mulai dari jaringan, pengaturan keuangan dan etos kerja.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memulai Usaha Tanpa Modal Bagi Pemula