Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mudah Menghemat BBM Kendaraan Mobil dan Motor

Harga BBM, baik itu bensin dan solar memiliki harga yang tidak tentu, terkadang naik dan terkadang turun. Oleh sebab itu, menghematnya adalah suatu tindakan yang bijak. Terlebih jika kendaraan yang anda gunakan adalah mobil. Dimana secara tidak langsung memerlukan kuota BBM yang lebih besar dibandingkan kendaraan lain.

cara menghemat BBM kendaraan

Namun begitu, anda tidak perlu terlalu khawatir, ada banyak cara menghemat BBM kendaraan yang dapat dipraktekan dan beberapa diantaranya dapat anda temukan pada penjelasan kali ini.  

Cara Mudah Menghemat BBM Kendaraan

{1.} Buat Perjalanan Lebih Sederhana 
Ketika sebuah mobil diparkir setelah melakukan perjalanan, mesin akan dingin dan bahan bakar akan terpakai dalam jumlah yang lebih besar. Oleh sebab itu, lakukanlah efisiensi perjalanan dengan membuatnya lebih sederhana. Jangan terlalu banyak berhenti untuk lima mil pertama. 

{2.} Jangan Mengemudi di Jam Sibuk
Ketika anda terjebak pada kemacetan, maka gigi pertama akan lebih banyak digunakan. Walhasil bahan bakar akan semakin tersita habis ketika anda mulai bergerak kembali. Selain itu, gigi kedua juga tidak jauh lebih baik. Sehingga cara mudah menghemat BBM kendaraan anda adalah dengan sebisa mungkin menghindari kemacetan. 

{3.} Menutup Jendela
Khusus untuk pengguna kendaraan mobil, menutup jendela dapat membantu menghemat BBM. Hal ini berhubungan dengan aerodinamis serta pengurangan drag. Selain itu, menutup jendela atau sunroof juga dapat membuat kendaraan lebih ringan. 

Mungkin sebagian orang dapat merubah desain mobil mereka. Namun hal tersebut cukup sulit dan mahal. Oleh sebab itu, cara terbaik dan sederhana untuk mengatasinya adalah dengan menutup jendela dan menggunakan AC ketika udara terlalu panas.  

{4.} Kurangi Beban
Semakin banyak beban, maka semakin banyak pula bahan bakar yang diperlukan. Oleh sebab itu, cara mudah menghemat BBM kendaraan selanjutnya adalah dengan mengeluarkan berbagai barang yang tidak diperlukan, misalnya ban cadangan, ransel besar ataupun rak dan kotak ski pada bagian atap mobil. Selain itu, cakram yang berada pada bagian atas mesin ataupun pintu belakang juga bisa anda lepaskan. 

{5.} Menjaga Kecepatan Tetap Konstan
Cara mudah menghemat BBM kendaraan lainnya adalah dengan menjaga kecepatan tetap ideal nan konstan. Ketika anda menggunakan motor, mungkin menjaga kecepatan ini adalah hal yang mudah. Bahkan anda dapat menyalip tanpa meningkatkan kecepatan terlalu tinggi. Namun ketika anda menggunakan mobil, maka anda harus memiliki keahlian yang baik agar kecepatan tidak naik secara berlebihan. 

Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa kecepatan konstan yang ideal untuk pengendara mobil adalah 50 mph. Sedangkan untuk gigi tertingginya diantara lima atau enam. Dengan menjaga kecepatan tetap konstan, mungkin anda harus lebih sabar. Namun hasilnya tidak akan mengecewakan. 

Baca juga
tips merawat mesin motor

Kesimpulan
Sebenarnya masih banyak cara mudah menghemat BBM kendaraan. Diantaranya mungkin dapat mudah dilakukan, seperti tidak menurunkan gigi dengan jarak waktu yang dekat dan mencari jalan yang tidak rusak. Selain itu, anda juga dapat mempraktekan cara-cara yang lebih teknis, seperti memeriksa tekanan ban dan mesin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Menghemat BBM Kendaraan Mobil dan Motor